STUDI DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA INTERNET DALAM PERSEPSI PELANGGAN PT. WIJAYA LINTAS KOMINDO

No Thumbnail Available
Date
2007
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Magister Management, Universitas Widyatama
Abstract
ABSTRAK Meningkatnya minat masyarakat pada penggunaan pelayanan jasa internettelah memacu bertambahnya jumlah perusahaan penyedia jasa internet. Hal inimembuat pelanggan semakin mudah untuk memilih perusahaan mana yangmenyediakan kualitas pelayanan yang terbaik Dalam penelitian ini difokuskan pada penilaian kualitas pelayanan jasainternet dalam persepsi pelanggan PT. Wijaya Lintas komindo. Penilaian kualitaspelayanan jasa menggunakan metode analisis conjoint dengan mengukurkombinasi korelasi antar dimensi pelayanan jasa. Dimensi yang diteliti adalahtangible dan competence serta courtesy. Atribut dari dimensi tangible adalahakses internet dan ruangan akses internet. Atribut dari competence dan courtesyadalah self service, interpersonal service, dan full service. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa dimensi competence dancourtesy adalah dimensi yang paling penting dinilai oleh pelanggan PT. WijayaLintas Komindo dengan nilai yang dihasilkan adalah 0.5985. Sedangkan dimensitangible merupakan pertimbangan selanjutnya dengan nilai yang dihasilkan adalah0.4015. Untuk dimensi tangible, atribut full service merupakan atribut yang palingdominan dengan nilai yang dihasilkan adalah 0.900, diikuti atribut interpersonalservice dan self service masing-masing nilai yang dihasilkan adalah -0.375 dan-0.525. Faktor yang perlu mendapat perhatian utama untuk menghasilkan jasaberkualitas adalah dengan cara mengelola bukti (evidence) kualitas jasa, mendidikpelanggan tentang jasa, menumbuhkan budaya kualitas, menindaklanjuti jasa, danmengembangkan sistim informasi kualitas jasa
Description
ABSTRACT The increasing of society enthusiasm to usage of internet service activitieshave raced increase the amount of internet service provider company. In this casethe customer progressively easy to chosen which the company providing the bestservice quality. In this research is focussed at the assessment service quality of internetservice provider in perception PT. Wijaya Lintas komindo customer. Assessmentof service quality used a conjoint analyse method with measuring correlationcombination between service quality dimension. The dimension to accurate aretangible and competence and also courtesy. Attribute from dimension tangible areaccessing internet and room access the internet. Attribute from competence andcourtesy are self service, interpersonal service, and full service. The result of research showed that there was dimension of competence andcourtesy gave most importantly dimension assessed by PT. Wijaya LintasKomindo customer with the value yielded 0.5985. Although dimension tangiblefurthermore next consideration with the value yielded 0.4015. For the dimension tangible, attribute of full service represent the mostdominant attribute with the value yielded 0.900, followed the attributeinterpersonal service and self service, each value yielded - 0.375 and - 0.525. The Factor to become special attention to produce the service quality aremanaging evidence of service quality, educating customer about service, grow theculture of quality, and develop the information systems of service quality.
Keywords
Studi Dimensi, Jasa Internet, Persepsi Pelanggan, Wijaya Lintas Komindo
Citation
Collections