Perangkat Lunak Visualisasi Pembelajaran Fisika dengan Materi Hukum Archimedes

No Thumbnail Available
Date
2009
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Perangkat Lunak Visualisasi Pembelajaran Fisika dengan Materi Hukum Archimedes ini dibangun untuk membantu pembelajaran fisika yang lebih interaktif mengenai hukum Archimedes secara visual untuk mempermudah pengguna khususnya untuk pelajar SMP dan SMA supaya lebih memahami konsep hukum Archimedes beserta perhitungannya Perangkat Lunak ini dibangun dengan menggunakan aplikasi visual Visual Basic 6.0 sebagai interface sistem. Perangkat Lunak ini menggunakan sistem operasi Windows Xp yang telah familiar di lingkungan pelajar SMP maupun SMA. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah Prototyping dengan menggunakan tools Unified Modeling Language (UML). Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dibangun suatu perangkat lunak untuk membantu pembelajaran fisika yang lebih interaktif mengenai hukum Archimedes secara visual dan simulatif.
Description
This Visualization of Learning Physic’s software using Archimedes Law as a material is developed to help learning physic more interactive by visually describing Archimedes Law as a way to help user-especially junior and high school student-to understand about Archimedes Law along with it’s equation. This software developed using Visual Basic 6.0 application as interface system. This software running under Windows Xp operating system which familiar among junior and high school environment. In developing system, this software using protyping methodology with Unified Modeling Language (UML) as a tools. The result of research shown that a software has successfully developed to help physic learning regarding Arcimedes Law more interactive visually and simulatively
Keywords
Software, Prototyping Model, Archimedes Law, Unified Modelling Language (UML), Perangkat Lunak, Prototyping Model, hukum Archimedes, Unified Modeling Language (UML)
Citation