MAJAS SINDIRAN DALAM VIDEO GAMES DEFENSE OF ANCIENT 2 (DOTA 2): KAJIAN SEMANTIS

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Skripsi ini berjudul “Majas Sindiran dalamVideo Games Defense of Ancient 2 (DOTA 2) : Kajian Semantis”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis–jenis majas sindiran dan untuk mengidentifikasi makna-makna dari majas sindiran yang terdapat di dalam Video Games DOTA 2 berdasarkan teori Lehrer. Penulis menggunakan metode deskriptif analisis dalam menjawab data yang tersedia. Dalam memproses data, penulis melalu beberapa proses yakni bermain DOTA 2 lalu mencari data dari percakapan yang terdapat dalam DOTA 2, mengumpulkan data, mengklasifikasikan data majas sindiran menjadi 5 jenis majas sindiran lalu mencari makna dari jenis-jenis majas sindiran. Penelitian ini terdiri dari 30 sample data diantaranya menunjukan bahwa terdapat 6 data (20%) majas ironi, 4 data (13,3%) majas sarkasme, 15 data (50%) majas sinisme, 4 data (13,3%) majas satire dan 1 data (3,3%) majas innuendo. Dari 5 jenis majas tersebut ditemukan 7 jenis makna yaitu 11 data (36,6%) makna konseptual, 1 data (3,3%) makna stilistika, 3 data (10%) makna konotatif, 12 data (40%) makna afektif, 1 data (3,3%) makna kolokatif, 1 data (3,3%) makna refleksi dan 1 data (3,3%) makna tematik.
Description
Keywords
Semantis, Majas, Makna, Sarkasme, Ironi, Konseptual, Afektif, Semantic, Figures of Speech, Meaning, Sarcasm, Irony, Conceptual, Affective
Citation