Show simple item record

dc.contributor.authorJannah, Dara Lena Samrotul
dc.date.accessioned2019-01-17T02:44:36Z
dc.date.accessioned2019-10-30T12:02:21Z
dc.date.available2019-01-17T02:44:36Z
dc.date.available2019-10-30T12:02:21Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/9957
dc.description.abstractSebagai perusahaan penyedia layanan jaringan fiber optic, PT. Solusi Prima Connectivist memiliki tingkat service level agreement atau perjanjian tingkat layanan yang disepakati dengan konsumen. Service level agreement (SLA) merupakan perjanjian antara pelanggan dan penyedia mengenai spesfikasi layanan yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan selama masa kontrak. Perusahaan mengalami penurunan tingkat pencapaian SLA hal ini dapat terlihat dari terjadinya peningkatan jumlah komplain, konsumen mengeluhkan seringnya gangguan terjadi dan lamanya waktu perbaikan sehingga biaya restitusi pun semakin meningkat, selain hal tersebut jumlah konsumen yang melakukan pemutusan layanan semakin bertambah. Penurunan SLA ini dipengaruhi oleh tinggi nya tingkat kerusakan perangkat atau kurangnya pelaksanaan pemeliharaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemeliharaan jaringan fiber opic, untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pemeliharaan terhadap pencapaian SLA dan untuk mengetahui kebijakan pemeliharaan yang tepat untuk mencapai efisiensi biaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan dan studi kepustakaan dari berbagai buku serta sumber-sumber yang diperoleh dari perusahaan. Dari hasil penelitian, terdapat pengaruh antara pelaksanaan pemeliharaan jaringan fiber optic terhadap pencapaian service level agreement dan pemeliharaan jaringan fiber optic dengan cara pemeliharaan preventive yang dilakukan dalam sepuluh bulan sekali dianggap lebih efektif karena memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pemeliharaan breakdown.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Widyatamaen_US
dc.subjectPelaksanaan Pemeliharaanen_US
dc.subjectService Level Agreementen_US
dc.subjectMaintenance Implementationen_US
dc.titleKAJIAN PELAKSANAAN PEMELIHARAAN JARINGAN FIBER OPTIC DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENCAPAIAN SERVICE LEVEL AGREEMENT PADA PT. SOLUSI PRIMA CONNECTIVIST DI KOTA BANDUNGen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record