KAJIAN PELAKSANAAN PEMELIHARAAN JARINGAN FIBER OPTIC DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENCAPAIAN SERVICE LEVEL AGREEMENT PADA PT. SOLUSI PRIMA CONNECTIVIST DI KOTA BANDUNG

Widyatama Repository

KAJIAN PELAKSANAAN PEMELIHARAAN JARINGAN FIBER OPTIC DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENCAPAIAN SERVICE LEVEL AGREEMENT PADA PT. SOLUSI PRIMA CONNECTIVIST DI KOTA BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor.author Jannah, Dara Lena Samrotul
dc.date.accessioned 2019-01-17T02:44:36Z
dc.date.available 2019-01-17T02:44:36Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/9957
dc.description.abstract Sebagai perusahaan penyedia layanan jaringan fiber optic, PT. Solusi Prima Connectivist memiliki tingkat service level agreement atau perjanjian tingkat layanan yang disepakati dengan konsumen. Service level agreement (SLA) merupakan perjanjian antara pelanggan dan penyedia mengenai spesfikasi layanan yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan selama masa kontrak. Perusahaan mengalami penurunan tingkat pencapaian SLA hal ini dapat terlihat dari terjadinya peningkatan jumlah komplain, konsumen mengeluhkan seringnya gangguan terjadi dan lamanya waktu perbaikan sehingga biaya restitusi pun semakin meningkat, selain hal tersebut jumlah konsumen yang melakukan pemutusan layanan semakin bertambah. Penurunan SLA ini dipengaruhi oleh tinggi nya tingkat kerusakan perangkat atau kurangnya pelaksanaan pemeliharaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemeliharaan jaringan fiber opic, untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pemeliharaan terhadap pencapaian SLA dan untuk mengetahui kebijakan pemeliharaan yang tepat untuk mencapai efisiensi biaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan dan studi kepustakaan dari berbagai buku serta sumber-sumber yang diperoleh dari perusahaan. Dari hasil penelitian, terdapat pengaruh antara pelaksanaan pemeliharaan jaringan fiber optic terhadap pencapaian service level agreement dan pemeliharaan jaringan fiber optic dengan cara pemeliharaan preventive yang dilakukan dalam sepuluh bulan sekali dianggap lebih efektif karena memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pemeliharaan breakdown. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Widyatama en_US
dc.subject Pelaksanaan Pemeliharaan en_US
dc.subject Service Level Agreement en_US
dc.subject Maintenance Implementation en_US
dc.title KAJIAN PELAKSANAAN PEMELIHARAAN JARINGAN FIBER OPTIC DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENCAPAIAN SERVICE LEVEL AGREEMENT PADA PT. SOLUSI PRIMA CONNECTIVIST DI KOTA BANDUNG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 113.5Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.001Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.44Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 126.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 34.18Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 127.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.50Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.16Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 246.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 498.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 342.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 401.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.43Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 129.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record