PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Survey pada 14 Dinas Pemerintah Kabupaten Karawang)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Survey pada 14 Dinas Pemerintah Kabupaten Karawang)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Survey pada 14 Dinas Pemerintah Kabupaten Karawang)
Author: Sukmana, Rica Rachmawati
Abstract: Kabupaten Karawang merupakan daerah memiliki luas sekitar 1.737,30 Km2 dan salah satu kota di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sebagai daerah perlintasan, pembangunan insfrastruktur terutama jalan dan jambatan merupakan kebutuhan yang harus diutamakan. Fenomena yang terjadi di Kabupaten Karawang yaitu bahwa akuntabilitas belum berjalan sepenuhnya antara lain tingkat korupsi yang masih tinggi. Beberapa kalangan menilai di Dinas Bina Marga sebagai tempat terjadinya praktek korupsi. Keadaan ini sesuai dengan investigasi yang telah dilakukan bahwa masih banyak proyek infrastruktur di wilayah Karawang yang bermasalah. Kecurangan terjadi dipicu karena lemahnya pengendalian intern organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian intern pemerintah terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah pada 14 Dinas Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory dengan metode pengambilan sampel yaitu metode purposive sampling. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu yaitu para pegawai bagian akuntansi yang bekerja pada 14 Dinas Kabupaten Karawang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 pegawai. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer yaitu dengan cara penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 112 pegawai, kuesioner yang terkumpul kembali sebanyak 105. Pengujian statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern pemerintah daerah mampu menjelaskan variasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/9931
Date: 2018


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.51Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 972.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.36Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 62.42Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.13Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 36.50Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 34.35Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 29.73Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 57.96Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 81.53Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 141.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 266.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.69Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 45.05Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record