PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN SAHAM TERKONSENTRASI, STRUKTUR KEPEMILIKAN SAHAM PEMERINTAH DAN STRUKTUR KEPEMILKAN SAHAM ASING BANK TERHADAP NON PERFORMING LOAN (NPL) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Kinerja suatu bank sangat erat sekali hubungannya dengan peran dan fungsi manajemen dari bank tersebut. Kepemilikan bank yang cukup beragam jenisnya baik itu pemerintah, swasta maupun asing, perlu dilihat lebih jauh lagi pengaruhnya terhadap kinerja masing-masing bank. Pengukuran kinerja bank menjadi sangat penting bagi berbagai pihak baik pemegang saham, calon investor, kreditur, konsumen, bahkan regulator. Salah satu ukuran kinerja Bank yaitu NPL (Non Performing Loan). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah struktur kepemilikan saham (terkonsentrasi, pemerintah dan asing) berpengaruh terhadap Non Performing Loan (NPL) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan saham (terkonsentrasi, pemerintah dan asing) terhadap Non Performing Loan (NPL) secara persial dan simultan. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan, diolah, disajikan dan kemudian dianalisis. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan ii time series selama 3 tahun yakni dari tahun 2009 sampai dengan 2011. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan uji secara simultan (uji F) dan parsial (uji t) pada á = 5%. Hasil uji F, variabel struktur kepemilikan saham (terkonsentrasi, pemerintah dan asing) tidak berpengaruh terhadap Non Performing Loan. Hasil uji R2 sebesar 0.174, menunjukkan bahwa 17,4 % variabel struktur kepemilikan saham (terkonsentrasi, pemerintah dan asing) menjelaskan terhadap variabel Non Performing Loan. Hasil uji t diperoleh bahwa variabel struktur kepemilikan saham (terkonsentrasi, pemerintah dan asing) tidak berpengaruh terhadap variabel Non Performing Loan.
Description
Keywords
Struktur Kepemilikan Saham Terkonsentrasi, Struktur Kepemilikan Saham Pemerintah, Struktur Kepemilikan Saham Asing, Non Performing Loan, Concentrated Stock Ownership Structure, Stock Ownership Structure of Government, Foreign Shareholding Structure, Non Performing Loan
Citation
Collections