PENGARUH SERVICE QUALITY DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JASA PENGIRIMAN PAKET POS KILAT KHUSUS DI PT. POS INDONESIA 40000 BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2016
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Sebagai salah satu perusahaan yang menjalankan usahanya pada bidang industri jasa, khususnya jasa pengiriman barang atau kurir membuat PT. Pos Indonesia mempunyai hubungan yang sangat erat dengan masyarakat, khususnya mereka yang telah menjadi konsumen Perusahaan. Masyarakat mendapatkan fasilitas pelayanan berupa pengiriman barang guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam melalui saluran distribusi dengan jangkauan yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil kajian (1) Service Quality (Kualitas Pelayanan), Harga dan Loyalitas Pelanggan PT. Pos Indonesia 40000 Bandung telah dinilai cukup baik. (2) Memperoleh hasil kajian Service Quality dan harga mempunyai hubungan positif dengan Loyalitas Pelanggan jasa paket kilat PT.Pos Indonesia 40000 Bandung. (3) Memperoleh hasil kajian Service Quality, dan harga berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. Pos Indonesia 40000 Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif, verifikatif melalui pengumpulan data baik data primer maupun data sekunder, Mengingat unit observasi penelitian ini adalah konsumen PT. Pos Indonesia 40000 Bandung, maka dalam menentukan sampel penelitian dilakukan dengan teknik non probability sampling. Yaitu teknik pengambilan sampel dengan tidak memberikan kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel dan dengan metode Purposive Sampling, yaitu pengambilan sampel yang dipilih secara cermat dengan mengambil objek penelitian yang selektif dan mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Teknik ini diterapkan pada jumlah populasi yang ada belum diketahui secara pasti. Hasil penelitian Service Quality (kualitas pelayanan) PT. Pos Indonesia 40000 Bandung dinyatakan cukup baik oleh karena itu masih harus ditingkatkan terutama dalam hal pemberian jaminan dan keamanan terhadap barang titipan konsumen, Harga yang ditawarkan PT. Pos dinilai cukup sesuai dengan manfaat yang dirasakan konsumen. Hubungan Service Quality (kualitas pelayanan) dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dinyatakan kuat hal ini berdasarkan nilai dari koefisien korelasi yaitu sebesar 0,772 atau 77,2%, Service Quality (kualitas pelayanan) dan Harga berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas Pelanggan.
Description
Keywords
Service Quality, Kualitas Pelayanan, Harga, Loyalitas Pelanggan, Price, Customer Loyalty
Citation
Collections