ANALISIS INOVASI STRUCTURE, PRODUCT PERFORMANCE DAN CHANNEL MENGGUNAKAN TOOL QFD DI PERUSAHAAN ARROMANIS BAKERY

Widyatama Repository

ANALISIS INOVASI STRUCTURE, PRODUCT PERFORMANCE DAN CHANNEL MENGGUNAKAN TOOL QFD DI PERUSAHAAN ARROMANIS BAKERY

Show full item record

Title: ANALISIS INOVASI STRUCTURE, PRODUCT PERFORMANCE DAN CHANNEL MENGGUNAKAN TOOL QFD DI PERUSAHAAN ARROMANIS BAKERY
Author: Asmara, Maisa Azizah
Abstract: Pada bulan Februari 2011, Perusahaan Arromanis Bakery resmi didirikan oleh Armita Dianti Sunaryo. Perusahaan Arromanis Bakery bergerak di bidang kuliner. Di era globalisasi ini, setiap perusahaan akan menghadapi tingkat persaingan yang ketat atas produk atau jasanya. Oleh karena itu, Perusahaan Arromanis Bakery harus berinovasi untuk mempertahankan eksistensi dan memperluas pasar. Inovasi perlu dilakukan oleh semua perusahaan, namun terkadang perusahaan hanya mementingkan inovasi produk atau pelayanannya saja. Mengacu pada buku Ten Types of Innovation: The Discipline of Building Breakthrough, Doblin (Larry Keeley and team) yang diterbitkan pada tahun 2011, menjabarkan ada 10 tipe inovasi yang dapat digunakan atau dilakukan oleh perusahaan dalam pengembangan bisnis. Berdasarkan observasi dan data-data sekunder dari perusahaan, inovasi yang dilakukan oleh Perusahaan Arromanis Bakery ada 3 kategori, yaitu inovasi structure, product performance dan channel. Penelitian ini menggunakan tool yang dapat membantu perusahaan untuk mengetahui atribut mana yang harus menjadi prioritas dalam inovasi berdasarkan dari keinginan dan kebutuhan konsumen. Kuisioner disebarkan kepada 60 konsumen eksternal dan 10 responden internal. Berdasar hasil perancangan HOQ (House Of Quality) pada inovasi yang dilakukan oleh Arromanis Bakery, maka dapat disimpulkan bahwa : Inovasi yang dilakukan oleh Arromanis Bakery secara keseluruhan adalah baik. Apabila dibandingkan dengan para pesaing, kualitas layanan yang diberikan Arromanis Bakery lebih unggul. Karakteristik ‘kesesuaian produk dengan informasi pada media online’, pesaing memiliki nilai yang lebih unggul. Karakteristik lainnya berada ditingkat yang sama dengan pesaing ada ditingkat cukup baik. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan, Arromanis Bakery harus memperbaiki keinginan dan kebutuhan yang menjadi prioritas konsumen. Urutan prioritas persyaratan konsumen yang harus dipenuhi oleh Arromanis Bakery ada pada karakteristik penampilan produk, waktu tunggu pelayanan dan informasi lengkap di media sosial. Untuk mewujudkan kebutuhan dan keinginan konsumen, pihak Arromanis Bakery harus memperbaiki prioritas pendeskripsian teknisnya. Design requirement yang harus diperbaiki oleh Perusahaan Arromanis Bakery: pelatihan karyawan, bentuk konten iklan dan komitmen suplier akan bahan baku.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/9120
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.713Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 761.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.00Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 32.77Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 41.16Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 35.66Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.50Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 22.44Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 124.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 307.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 98.15Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 379.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 46.27Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.97Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

  • Management [150]
    Koleksi Digital Tesis Program MM

Show full item record