FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2013

Widyatama Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2013

Show full item record

Title: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2013
Author: Rizmawati, Uci
Abstract: Salah satu sumber pendanaan eksternal dari perusahaan yaitu go public, dimana dalam aktivitas go public ini terdapat proses jual-beli saham di pasar modal pada perusahaan IPO (Initial Public Offering). Terdapat suatu fenomena yang terjadi dalam proses ini yang disebut dengan underpricing. Fenomena underpricing ini sering terjadi di pasar modal dan telah banyak diteliti oleh para peneliti di berbagai Negara. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS Ver.17.00. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia, yakni pada perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2009 sampai dengan tahun 2013. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat underpricing, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah Return on equity (ROE), prosentase penawaran saham, reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan financial leverage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Return on equity (ROE), prosentase penawaran saham, reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan financial leverage berpengaruh signifikan pada tingkat underpricing, sedangkan secara parsial hanya variabel reputasi underwriter dan financial leverage yang berpengaruh terhadap tingkat underpricing.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8989
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 119.4Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1006.Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 107.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 302.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 141.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 113.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar & Daftar grafik.pdf 105.8Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 103.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 452.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 752.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 656.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 779.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 332.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 145.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record