ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL DAN FAKTOR MAKROEKONOMI YANG MEMPENGARUHI RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Industri Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Widyatama Repository

ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL DAN FAKTOR MAKROEKONOMI YANG MEMPENGARUHI RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Industri Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Show full item record

Title: ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL DAN FAKTOR MAKROEKONOMI YANG MEMPENGARUHI RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Industri Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)
Author: Zulfikar, Ridho Fajar
Abstract: Pasar modal memiliki peran penting karena pasar modal dapat menghubungkan pihak yang membutuhkan dana (emiten) dengan pihak yang mempunyai kelebihan dana. Dengan adanya pasar modal, pihak yang kelebihan dana (investor) dapat memilih alternatif investasi yang memberikan return paling optimal. Investor yang berinvestasi di pasar modal terlebih dahulu akan melihat saham perusahaan mana yang paling menguntungkan dengan menilai kinerja perusahaan yang bersangkutan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan. Salah satunya dengan analisis fundamental, yaitu dengan menghitung nilai intrinsik saham dengan menggunakan data keuangan perusahaan seperti rasio keuangan perusahaan. Analisis terhadap faktor makroekonomipun perlu dilakukan seperti kebijakan moneter, kurs valuta asing, inflasi, dan perubahan tingkat suku bunga. Kondisi makroekonomi sangat berpengaruh terhadap keputusan-keputusan yang diambil oleh investor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental, seperti ROA dan PER, faktor makroekonomi, seperti suku bunga (BI rate), dan inflasi terhadap return saham. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 perusahaan di sektor Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2011-2015 dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor fundamental, yaitu ROA dan PER, tidak berpengaruh terhadap return saham. Sedangkan suku bunga berpengaruh negatif dan inflasi berpengaruh positif terhadap return saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8974
Date: 2017


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 112.7Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 911.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 611.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 118.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 104.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 104.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 250.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 617.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 411.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 470.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 113.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 324.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record