ANALISIS BEBAN KERJA DENGAN METODE WORK SAMPLING UNTUK MENENTUKAN KEBUTUHAN TENAGA KERJA PERAWAT (Studi Kasus Di Instalasi Rawat Inap Cempaka RSUD Sumedang)

Widyatama Repository

ANALISIS BEBAN KERJA DENGAN METODE WORK SAMPLING UNTUK MENENTUKAN KEBUTUHAN TENAGA KERJA PERAWAT (Studi Kasus Di Instalasi Rawat Inap Cempaka RSUD Sumedang)

Show full item record

Title: ANALISIS BEBAN KERJA DENGAN METODE WORK SAMPLING UNTUK MENENTUKAN KEBUTUHAN TENAGA KERJA PERAWAT (Studi Kasus Di Instalasi Rawat Inap Cempaka RSUD Sumedang)
Author: Kandiarsyah, Ferdi
Abstract: Upaya mewujudkan kenyamanan dalam bekerja dan memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu berhubungan erat dengan kuantitas dan kualitas tenaga perawat. Studi ini menganalisis beban kerja dan kebutuhan tenaga perawat di Instalasi Rawat Inap Cempaka Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang. Metoda work sampling digunakan untuk mengukur beban kerja, sedangkan untuk mengukur kebutuhan tenaga kerja menggunakan Pendekatan Tugas Per Jabatan sesuai Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara nomor KEP/75M.PAN/7/2004 mengenai pedoman perhitungan kebutuhan pegawai berdasarkan beban kerja. Work sampling dilaksanakan pada 28 April-3 Mei 2016, dan hasilnya digunakan sebagai dasar untuk menghitung kelonggaran dan penyesuaian agar didapatkan waktu baku kerja perawat. Hasil studi ini menunjukan bahwa tenaga perawat yang ada telah menggunakan 69,3% waktu kerjanya dengan kegiatan produktif. Dari kegiatan produktif dimaksud, sebanyak 35,7% adalah aktivitas produktif tidak langsung, 24,5% aktivitas produktif langsung, sedangkan sisanya merupakan aktivitas lain yang produktif. Dengan demikian studi ini diperoleh ada sebanyak 30,7% merupakan aktivitas tidak produktif dan aktivitas pribadi. Berdasarkan hasil work sampling tersebut, dengan mengukur kebutuhan tenaga kerja menggunakan Pendekatan Tugas Per Jabatan sesuai Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara nomor KEP/75M.PAN/7/2004 ternyata dibutuhkan satu tambahan tenaga perawat untuk menyelesaikan tugas dan fungsi di Instalasi Rawat Inap Cempaka Rumah Sakit Daerah Sumedang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8896
Date: 2017


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 171.8Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 734.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 263.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 212.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 197.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 156.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 140.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 435.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 888.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 502.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 833.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 280.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 304.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record