MERANCANG MODEL PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. CAPRIFARMINDO LABORATORIES

Widyatama Repository

MERANCANG MODEL PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. CAPRIFARMINDO LABORATORIES

Show full item record

Title: MERANCANG MODEL PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. CAPRIFARMINDO LABORATORIES
Author: Esas, Hafizh Darussalam
Abstract: Thesis ini mengambil judul “Merancang Model Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada PT. Caprifarmindo Laboratories dengan mengambil tempat penelitian difokuskan kepada PT. Caprifarmindo Laboratories yang masuk dalam persaingan industri farmasi. Tujuan penelitian ini adalah merancang model pengukuran kinerja dari setiap perspektif yang ada dalam Balanced Scorecard yang terdiri dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran & pertumbuhan. Lebih lanjut, sasaran trategi dan indikator strategi dideskripsikan ke dalam peta strategi PT. Caprifarmindo Laboratoies. Data yang digunakan untuk perancangan sasaran strategi diperoleh dari responden melalui kuisioner kepada dokter medik, pasien medik dan karyawan PT. Caprifarmindo Laboratories, wawancara langsung dengan tim internal perusahaan yaitu manajer keungan, manager deputy, manajer ekspor, manajer HRD, yang dilakukan pada periode bulan februarimaret 2012 dan studi literature. Dalam rangka pengolahan data kuantitatif, peneliti menggunakan metoda pembobotan dan hukum pareto sebagai teknik analisis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa sasaran strategis dan indikator strategis sebagai berikut: 1) Sasaran strategis perspektif keuangan: effective investment, cost efficiency dan sustainable profit growth yang kemudian secara berurutan diukur menggunakan indikator strategi return on equity, return on investment, total reduced operational cost dan profit growth. 2) Sasaran strategis perspektif pelanggan: product quality, corporate image, affordable price and product availability yang kemudian secara berurutan diukur menggunakan indikator strategi number of product complaint, frequent of good media exposure, price competitiveness, growth of export volume dan number of acquired global distributor. 3) Sasaran strategis perspektif bisnis proses internal: high supply performance, compliance with regulatory & standard and operational excellent yang kemudian secara berurutan diukur menggunakan indikator strategi supply service level, number of critical findings during inspection and cost saving. 4) Sasaran strategis perspektif pembelajaran dan pertumbuhan: trained employee, employee satisfaction, employee productivity, information technology performance yang kemudian secara berurutan diukur menggunakan indikator strategi training hour, number of employee turnover, productivity and system information failure. Semua sasaran strategis dan indikator strategis tersebut kemudian digambarkan ke dalam peta strategi PT. Caprifarmindo Laboratories.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8839
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 24.10Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 775.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 64.52Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 52.34Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 56.20Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 55.13Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 50.72Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 153.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 260.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 120.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 608.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 116.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 45.62Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

  • Management [150]
    Koleksi Digital Tesis Program MM

Show full item record