ANALISIS STRATEGI KEBIJAKAN ANTI FRAUD BANK INDONESIA DALAM MENGATASI KECURANGAN DI BANK BJB
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Penelitian ini adalah pembahasan tentang hasil penelitian terhadap kebijakan
Bank Indonesia mengenai anti fraud yang diimplementasikan dalam Surat Edaran
Bank Indonesia No. 13/28/DPNP tanggal 9 Desember 2011 tentang penerapan
strategi anti fraud oleh Bank Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis kebijakan strategi anti fraud tersebut dapat mengatasi tindakan
kecurangan di dunia perbankan khususnya di Bank bjb.
Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui sejauh mana Bank
bjb menindaklanjuti atas kebijakan tersebut yang kemudian di evaluasi terhadap
implementasi di lapangan khususnya dalam semua kegiatan operasional Bank bjb
yang terkait dengan kualitas sumber daya manusia (pegawai) di Bank bjb.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan
kualitatif menggunakan metode wawancara secara mendalam kepada responden
khususnya pelaku kecurangan dalam rangka memahami pandangan subyek penelitian
mengenai hidupnya, pengalamannya, ataupun situasi sosial dan hal lainnya yang
sangat berpengaruh besar terhadap tindakan pelaku melakukan kecurangan. Peneliti
mengenal subyek penelitian secara akrab, melihat dunia lewat mata mereka dan
masuk lewat pengalaman mereka. Wawancara mendalam bersifat luwes, terbuka,
tidak terstruktur, dan tidak baku. Intinya ialah pertemuan berulang kali secara
langsung antara peneliti dan subyek penelitian. Tujuannya untuk memahami
pandangan subyek penelitian tentang kehidupan, pengalaman, atau situasi subyek
penelitian, sebagaimana diungkapkan dalam bahasanya sendiri.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi anti fraud yang dikeluarkan
Bank Indonesia tersebut merupakan kebijakan yang prospektif. Dimana pilar – pilar
pencegahan tindakan kecurangan perbankan tersebut dimulai dari sisi sumber daya
manusia nya sebagai diri sendiri terlebih dahulu, kemudian pendukung lingkungan di
dunia kerja seperti tentang kebijakan – kebijakan internal Bank bjb tentang
kepegawaian.
Description
Keywords
Fraud, Penyebab Fraud, Causes Of Fraud