PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH (STUDI PADA PERUMAHAN MATAHARI LAND PROPERTY)

No Thumbnail Available
Date
2016
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Perumahan merupakan kebutuhan dasar manusia yang berkaitan erat dengan tanah dan bangunan yang disebut dengan properti. Seiring dengan pertumbuhan penduduk di Indonesia, kebutuhan terhadap rumah akan meningkat dan semakin banyak juga lahan yang dibutuhkan. Pemenuhan kebutuhan akan rumah membuat banyak perusahaan atau developer mengembangkan bisnisnya termasuk PT. Mentari Agung Mandiri atau Matahari Land Property. Tingkat persaingan yang sangat ketat menuntut pengembang untuk selalu berupaya meningkatkan daya saing melalui banyak aspek yang dapat ditawarkan ke pasar. Atribut produk dan kualitas personal selling adalah beberapa aspek yang sangat penting terhadap keputusan pembelian. Atribut produk yang dibuat sebaik mungkin untuk menarik minat konsumen terkait dengan bentuk fisik yaitu berupa design bangunan, layout ruang, mutu bahan bangunan yang digunakan, luas tanah dan luas bangunan, pemandangan yang ditawarkan, aksebilitas, serta fasilitas, sedangkan pada penjualan dengan tatap muka (personal selling) disadari merupakan cara yang efektif untuk menarik calon pembeli, terjadinya komunikasi dua arah yang memungkinkan adanya interaksi secara langsung antara pengembang dan konsumen, setidaknya akan menciptakan sebuah penilaian yang positif dari konsumen, oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel atribut produk dan personal selling terhadap keputusan pembelian rumah Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif - verifikatif yang menggambarkan suatu kondisi yang berhubungan dengan kondisi lain, tujuannya adalah untuk menyajikan gambaran secara terstruktur, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat, dan hubungan antara variabel dalam penelitian dan selanjutnya dianalisis secara statistik untuk kemudian memperoleh kesimpulan . Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa secara simultan, variabel independen yang diteliti yaitu variabel atribut produk dan personal selling terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian rumah. Artinya model dapat diterima. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa secara parsial, variabel atribut produk dan personal selling mampu mempengaruhi variabel keputusan pembelian rumah. Kesimpulan yang didapat bahwa atribut produk, dan personal selling dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk. Perusahaan disarankan untuk terus berinovasi dan melakukan perbaikan agar dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk.
Description
Keywords
Personal Selling, Atribut Produk, Keputusan Pembelian, Product Attributes, Decision Purchasing
Citation
Collections