PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH (STUDI PADA PERUMAHAN MATAHARI LAND PROPERTY)
No Thumbnail Available
Date
2016
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Perumahan merupakan kebutuhan dasar manusia yang berkaitan erat dengan
tanah dan bangunan yang disebut dengan properti. Seiring dengan pertumbuhan
penduduk di Indonesia, kebutuhan terhadap rumah akan meningkat dan semakin banyak
juga lahan yang dibutuhkan. Pemenuhan kebutuhan akan rumah membuat banyak
perusahaan atau developer mengembangkan bisnisnya termasuk PT. Mentari Agung
Mandiri atau Matahari Land Property. Tingkat persaingan yang sangat ketat menuntut
pengembang untuk selalu berupaya meningkatkan daya saing melalui banyak aspek yang
dapat ditawarkan ke pasar.
Atribut produk dan kualitas personal selling adalah beberapa aspek yang sangat
penting terhadap keputusan pembelian. Atribut produk yang dibuat sebaik mungkin
untuk menarik minat konsumen terkait dengan bentuk fisik yaitu berupa design
bangunan, layout ruang, mutu bahan bangunan yang digunakan, luas tanah dan luas
bangunan, pemandangan yang ditawarkan, aksebilitas, serta fasilitas, sedangkan pada
penjualan dengan tatap muka (personal selling) disadari merupakan cara yang efektif
untuk menarik calon pembeli, terjadinya komunikasi dua arah yang memungkinkan
adanya interaksi secara langsung antara pengembang dan konsumen, setidaknya akan
menciptakan sebuah penilaian yang positif dari konsumen, oleh karena itu penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel atribut produk dan personal
selling terhadap keputusan pembelian rumah
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif - verifikatif yang
menggambarkan suatu kondisi yang berhubungan dengan kondisi lain, tujuannya adalah
untuk menyajikan gambaran secara terstruktur, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta,
sifat, dan hubungan antara variabel dalam penelitian dan selanjutnya dianalisis secara
statistik untuk kemudian memperoleh kesimpulan .
Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa secara simultan,
variabel independen yang diteliti yaitu variabel atribut produk dan personal selling
terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keputusan
pembelian rumah. Artinya model dapat diterima. Kemudian melalui uji F dapat diketahui
bahwa secara parsial, variabel atribut produk dan personal selling mampu mempengaruhi
variabel keputusan pembelian rumah.
Kesimpulan yang didapat bahwa atribut produk, dan personal selling dapat
mempengaruhi keputusan pembelian produk. Perusahaan disarankan untuk terus
berinovasi dan melakukan perbaikan agar dapat mendorong konsumen untuk melakukan
pembelian produk.
Description
Keywords
Personal Selling, Atribut Produk, Keputusan Pembelian, Product Attributes, Decision Purchasing