PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE STUDI KASUS PADA PRODUK FASHION ONLINE DI KOTA BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2017
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di dunia bisnis online, diantaranya yaitu persepsi masyarakat mengenai harga yang di tawarkan oleh penjual online dan faktor kepercayaan yang mempengaruhi minat beli online khususnya di Kota Bandung. Masyarakat masih enggan untuk melakukan belanja online yang dimana hal tersebut memiliki manfaat yang tidak dimiliki oleh belanja konvensional. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tentang faktor yang mungkin mempengaruhi minat beli online seperti persepsi harga dan faktor kepercayaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai harga yang ditawarkan dan kepercayaan akan bisnis online, serta hubungan kedua faktor tersebut terhadap minat beli seara online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatori yang menguji hubungan kausal (sebab – akibat). Teknik pengumpulan data antara lain dengan menyebar kuesioner secara online kepada 150 responden di Bandung. Hasil penelitian yang didapat adalah persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli secara online dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli secara online. Selain itu, berdasarkan analisis deskriptif dalam penelitian ini, persepsi harga dinilai baik oleh konsumen, dan tigkat kepercayaan konsumen pada transaksi online pun dinilai baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pelaku bisnis online terutama penjual online harus bisa menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh konsumen dan memperhatikan beberapa hal penting seperti keterangan harga atau perbandingan harga yang akan mempengaruhi minat beli konsumen terhadap belanja online.
Description
Keywords
Persepsi Harga, Kepercayaan, Minat Beli, Price Perception, Trust, Buying Interest