PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS SISTEM TERHADAP KEPERCAYAAN DAN INTENSITAS PENGGUNAAN FASILITAS ELECTRONIC BANKING BANK BJB CABANG PANDEGLANG
No Thumbnail Available
Date
2016
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Transaksi electronic banking secara frekuensi dan volume
meningkat dari tahun ke tahun. Bank bjb menyediakan berbagai jenis
jasa electronc banking, diantaranya ATM, bjb SMS dam bjb NET.
Penulis telah melakukan pra survey terhadap 30 puluh responden.
Berdasarkan hasil pra survey dapat dilihat bahwa sebagian besar
responden tidak memiliki rasa percaya yang tinggi terhadap fasilitas
electronic banking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisa pengaruh nilai pelanggan dan kualitas
sistem terhadap kepercayaan serta dampaknya pada intensitas
penggunaan fasilitas electronic banking bjb Cabang Pandeglang.
Medote yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif
deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif. Dengan jumlah
sample sebanyak 105 responden yang dipilih menggunakan metode
purposive sampling yaitu sampling dengan karakteristik tertentu.
Karakteristik yang digunakan adalah nasabah bank bjb Cabang
Pandeglang yang telah memiliki fasilitas electronic banking dan
menggunakan fasilitas tersebut selama lebih dari 6 bulan. Model
analisis data yang digunakan regresi linear berganda dan regresi
linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa NilaiPelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan dengan
besar pengaruh adalah 33.29%. Kualitas sistem berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Kepercayaan dengan besar pengaruh adalah
27.08%. Kepercayaan yang terbentuk melalui nilai pelanggan dan
kualitas sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intensitas
penggunaan electronic banking dengan besar pengaruh 45.8%. Oleh
karena itu Bank bjb diharapkan dapat meningkatkan nilai pelanggan
dan kualitas sistem layanan electronic banking bjb sehingga
kepercayaan nasabah terhadap layanan tersebut juga meningkat yang
akan berdampak pada peningkatan intensitas penggunaan layanan
electronic banking bjb oleh nasabah.
Description
Keywords
Electronic Banking, Nilai Pelanggan, Kualitas Sistem, Kepercayaan, Intensitas Penggunaan, Customer Value, System Quality, Trust, Intensity of Use