PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS SISTEM TERHADAP KEPERCAYAAN DAN INTENSITAS PENGGUNAAN FASILITAS ELECTRONIC BANKING BANK BJB CABANG PANDEGLANG

No Thumbnail Available
Date
2016
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Transaksi electronic banking secara frekuensi dan volume meningkat dari tahun ke tahun. Bank bjb menyediakan berbagai jenis jasa electronc banking, diantaranya ATM, bjb SMS dam bjb NET. Penulis telah melakukan pra survey terhadap 30 puluh responden. Berdasarkan hasil pra survey dapat dilihat bahwa sebagian besar responden tidak memiliki rasa percaya yang tinggi terhadap fasilitas electronic banking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh nilai pelanggan dan kualitas sistem terhadap kepercayaan serta dampaknya pada intensitas penggunaan fasilitas electronic banking bjb Cabang Pandeglang. Medote yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif. Dengan jumlah sample sebanyak 105 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling yaitu sampling dengan karakteristik tertentu. Karakteristik yang digunakan adalah nasabah bank bjb Cabang Pandeglang yang telah memiliki fasilitas electronic banking dan menggunakan fasilitas tersebut selama lebih dari 6 bulan. Model analisis data yang digunakan regresi linear berganda dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa NilaiPelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan dengan besar pengaruh adalah 33.29%. Kualitas sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan dengan besar pengaruh adalah 27.08%. Kepercayaan yang terbentuk melalui nilai pelanggan dan kualitas sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intensitas penggunaan electronic banking dengan besar pengaruh 45.8%. Oleh karena itu Bank bjb diharapkan dapat meningkatkan nilai pelanggan dan kualitas sistem layanan electronic banking bjb sehingga kepercayaan nasabah terhadap layanan tersebut juga meningkat yang akan berdampak pada peningkatan intensitas penggunaan layanan electronic banking bjb oleh nasabah.
Description
Keywords
Electronic Banking, Nilai Pelanggan, Kualitas Sistem, Kepercayaan, Intensitas Penggunaan, Customer Value, System Quality, Trust, Intensity of Use
Citation
Collections