PENGARUH IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP AKURASI ESTIMASI ANGGARAN (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Garut)

Widyatama Repository

PENGARUH IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP AKURASI ESTIMASI ANGGARAN (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Garut)

Show full item record

Title: PENGARUH IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA DAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP AKURASI ESTIMASI ANGGARAN (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Garut)
Author: Hidayat, Saepul
Abstract: Berdasarkan Fenomena bahwa diduga penyusunan anggaran berbasis kinerja belum diterapkan sepenuhnya sehingga SKPD cenderung untuk melakukan budgetary slack (senjangan anggaran) yang akibatnya anggaran menjadi kurang akurat Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan untuk menganalisis ini hubungan antar gejala atau fenomena yang diamati, yaitu masalah implementasi anggaran berbasis kinerja, partisipasi penyusunan anggaran, akurasi estimasi anggaran. Penelitian ini berupaya untuk mengungkapkan permasalahan serta mengkaji dan menganalisis variabel yang menjadi fokus penelitian, maka metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kausal efektual. Penelitian dengan analisis kausal efektual menganalisis hubungan antara dua fenomena atau lebih. Objek penelitian yang ditetapkan sebagai unit analisis penelitian ditetapkan SKPDSKPD pada Pemerintah Kabupaten Garut. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa pengaruh implementasi anggaran berbasis kinerja dan partisipasi penyusunan anggaran terhadap akurasi estimasi anggaran sebesar 42,48%, sedangkan sisanya ( 2 Z P ) sebesar 57,52% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar variabel yang diteliti yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. implementasi anggaran berbasis kinerja berpengaruh terhadap akurasi estimasi anggaran sebesar 21,12%. implementasi anggaran berbasis kinerja berpengaruh terhadap partisipasi penyusunan anggaran sebesar 14,48%. partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap akurasi estimasi anggaran sebesar 21,35%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8773
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.72Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 95.18Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.02Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.94Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.79Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.68Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.28Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.46Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 60.34Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 153.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 339.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 279.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.09Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 35.13Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record