ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DI SMK DAN KEAHLIAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK PELITA BANDUNG

Widyatama Repository

ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DI SMK DAN KEAHLIAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK PELITA BANDUNG

Show full item record

Title: ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DI SMK DAN KEAHLIAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK PELITA BANDUNG
Author: Rukmana, Arief Yanto
Abstract: Penelitian berjudul Analisa Pengaruh Pembelajaran di SMK dan Keahlian Kewirausahaan Terhadap Niat dan Sikap Kewirausaha Siswa SMK Pelita kota Bandung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran di smk dan keahlian kewirausahaan terhadap niat dan sikap kewirausahaan siswa kelas XII di SMK Pelita Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji t. dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sejumlah 167 orang siswa dari total populasi 1149 orang siswa di SMK Pelita Bandung, Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran di smk terhadap niat dan sikap berwirausaha siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menunjukan bahwa pembelajaran di smk yang dilakukan guru mata pelajaran kewirausahaan sudah baik (63,48%). Hal ini terlihat dari hasil rata-rata tiap butir angket variable X. Dari Tiga aspek pembelajaran di smk yaitu tujuan pembelajaran di smk, manfaat pembelajaran di smk serta materi pembelajaran di smk. Pembelajaran di smk yang disampaikan oleh guru dapat mendorong niat dan sikap kewirausahaan siswa. Adapun niat dan sikap kewirausahaan siswa kelas X di SMK Pelita menyatakan berminat untuk berwirausaha 70,80% dari 167 responden. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata tiap butir angket variable Y masing-masing diatas 50%. Pembelajaran di smk berpengaruh terhadap niat dan sikap kewirausahaan siswa. Adapun Pengaruh pembelajaran di smk terhadap niat dan sikap kewirausahaan siswa sebesar 46,4%. Sedangkan sisanya 53,6% dipengaruhi oleh faktor residu, faktor tersebut terdapat di dalam (fisik dan psikis) maupun di luar (lingkungan, masyarakat) dirinya. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para pengajar dan pihak sekolah agar berusaha untuk menumbuhkan dan meningkatkan niat dan sikap kewirausahaan siswa dengan cara memberikan pemahaman tentang kewirausahaan yang dapat membantu dalam peningkatan niat dan sikap kewirausahaan siswa dan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi niat dan sikap berwirausaha siswa selain yang ada pembelajaran di smk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8755
Date: 2017


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.91Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 971.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 214.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 109.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 245.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 820.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 695.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 432.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 210.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 332.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

  • Management [150]
    Koleksi Digital Tesis Program MM

Show full item record