ANALISIS PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR SEBELUM DAN SESUDAH PENETAPAN PAJAK PROGRESIF KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan)

Widyatama Repository

ANALISIS PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR SEBELUM DAN SESUDAH PENETAPAN PAJAK PROGRESIF KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan)

Show full item record

Title: ANALISIS PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR SEBELUM DAN SESUDAH PENETAPAN PAJAK PROGRESIF KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan)
Author: Monalisa, Septia
Abstract: Studi kasus dilakukan untuk memperoleh gambaran menyangkut penerimaan pajak kendaraan bermotor akibat diberlakukannya pajak progresif. Pemerintah sejak tahun 2012 memberlakukan pajak progresif kendaraan bermotor. Pajak progresif adalah tarif persentase yang digunakan semakin besar bila jumlah yang dikenai pajak semakin besar. Dalam hal ini pajak progresif yang dibahas yaitu pajak progresif kendaraan bermotor, pajak tersebut dikenakan untuk kepemilikkan kendaraan bermotor kedua dan seterusnya yang memiliki identitas yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan pajak kendaraan bermotor sebelum penetapan pajak progresif dan juga untuk mengetahui rata-rata kenaikan penerimaan pajak kendaraan bermotor setelah penetapan pajak progresif kendaraan bermotor di Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan berupa data sekunder dan primer. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerimaan pajak kendaraan bermotor sebelum adanya penetapan pajak progresif yaitu tahun 2009-2011 selalu mengalami peningkatan akibat meningkatnya jumlah wajib pajak diseluruh kecamatan dibawah naungan Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan. Serta terdapat kenaikan yang cukup signifikan setelah penetapan pajak progresif kendaraan bermotor. Ini berarti penetapan pajak progresif kendaraan bermotor berkontribusi untuk meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor di Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan. Dalam hal ini penulis menyarankan agar pemerintah menunjukkan bukti nyata bahwa kenaikan pajak berbanding lurus dengan peningkatan mutu layanan moda transportasi, terutama penyedia jalan, dan juga perlu adanya kerjasama dengan Polriuntuk membuat regulasi dan merazia secara rutinyang tidak hanya memeriksa SIM, STNK dan kelengkapan kendaraan,tetapi juga meminta pengendara menunjukkan SKTB bukti pembayaran pajak untuk dapat diarahkan ke SAMSAT guna penyelesaian perpajakan. Agar penerimaan pajak terus meningkat dan penetapan pajak progresif berjalan optimal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8731
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 95.39Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.037Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 113.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 195.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.54Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 102.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 164.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 378.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 155.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 209.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 104.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 137.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record