PENGARUH KOMPONEN INTELLECTUAL CAPITAL: VALUE ADDED CAPITAL EMPLOYED, VALUE ADDED HUMAN CAPITAL, DAN VALUE ADDED STRUCTURAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2013-2015)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPONEN INTELLECTUAL CAPITAL: VALUE ADDED CAPITAL EMPLOYED, VALUE ADDED HUMAN CAPITAL, DAN VALUE ADDED STRUCTURAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2013-2015)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPONEN INTELLECTUAL CAPITAL: VALUE ADDED CAPITAL EMPLOYED, VALUE ADDED HUMAN CAPITAL, DAN VALUE ADDED STRUCTURAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2013-2015)
Author: Ainunnisa, Rarassatika
Abstract: Kunci kesuksesan suatu perusahaan dalam era informasi dan pengetahuan tidak hanya ditentukan oleh aset berwujud, tetapi juga ditentukan oleh aset tidak berwujud. Intellectual capital merupakan aset tidak berwujud yang sangat penting untuk kemajuan dan pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang sehingga menjadi faktor penentu untuk menilai nilai perusahaan. Intellectual capital mengacu pada pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh suatu organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan model Pulic untuk pengukuran intellectual capital dengan komponen yang terdiri dari physical capital (Value Added Capital Employee-VACA), human capital (Value Added Human Capital-VAHU), dan structural capital (Structural Capital Value Added-STVA). Nilai Perusahaan diukur dengan rasio pasar menggunakan Price to Book Value. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, diambil dari laporan keuangan 2013-2015 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 perusahaan, serta menggunakan purposive sampling method, dan mempunyai kriteria seleksi untuk pemilihan sampel. Alat analisis untuk menguji hipotesis yaitu analisis regresi linier sederhana pada taraf signifikansi 5% dengan menggunakan program EViews 8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intellectual capital (VAICTM) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Value Added Capital Employed (VACA) dan Structural Capital Value Added (STVA) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), sedangkan Value Added Human Capital (VAHU) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8710
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 82.83Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.009Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 214.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 280.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 123.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.8Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 285.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 502.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 469.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 661.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.99Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 247.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record