ANALISIS PERBANDINGAN OPERASIONAL MARGIN MURABAHAH DI BANK SYARIAH DENGAN BUNGA DI BANK KONVENSIONAL (Studi Empiris Pada Perbankan Syariah dan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN OPERASIONAL MARGIN MURABAHAH DI BANK SYARIAH DENGAN BUNGA DI BANK KONVENSIONAL (Studi Empiris Pada Perbankan Syariah dan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN OPERASIONAL MARGIN MURABAHAH DI BANK SYARIAH DENGAN BUNGA DI BANK KONVENSIONAL (Studi Empiris Pada Perbankan Syariah dan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015)
Author: Utami, Ossie Rizkia
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pendapatan margin murahbahah dengan pendapatan bunga pada perbankan syariah dan konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2015. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pendapatan margin murahbahah pada perbankan syariah dan pendapatan bunga pada perbankan konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perbankan syariah dan konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2015 yang berjumlah 10 perbankan syariah dan konvensional. Sedangkan teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel 10 perbankan syariah dan konvensional. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS Vers 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaaan rata-rata pendapatan bank secara signfikan antara pendapatan margin murabahah pada perbankan syariah berbeda dengan pendapatan bunga pada perbankan konvensional. Letak perbedaannya adalah pendapatan margin murabahah pada perbankan syariah tidak didasarkan pada tingkat BI rate, kesepakatan akan jual beli antara pembeli dan penjual, dan besarnya laba tidak akan berubah sesuai dengan kesepakatan. Sedangkan pendapatan bunga pada bank konvensional didasarkan pada tingkat BI rate, besarnya jumlah kredit (pinjaman) yang diberikan, dan bunga tetap harus dibayar meskipun proyek merugi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8705
Date: 2017


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 82.13Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 515.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 175.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 124.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.48Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.82Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 95.19Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 268.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 604.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 371.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 334.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 114.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 191.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record