PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL TERHADAP AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Pemerintahan Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL TERHADAP AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Pemerintahan Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL TERHADAP AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Pada Pemerintahan Kota Bandung)
Author: Fatonah, Nurul Fitirani
Abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Terhadap Akuntabilitas dan Transparansi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual sebagai variabel independen serta Akuntabilitas dan Transparansi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Bandung, dan menjadi target populasinya adalah SKPD yang menyusun anggaran, menyusun laporan keuangan. Dengan demikian yang menjadi target populasi dalam penelitian adalah 32 SKPD di Kota Bandung, dan dengan responden berjumlah 64 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik korelasi kanonikal, dan program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package For Social Sciences (SPSS 20.0 For Windows). Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual Terhadap Akuntabilitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan nilai koefisien sebesar 54.18 % sedangkan untuk penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Terhadap Trasparansi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah sebesar 60.49 % hal ini menunjukan bahwa pemerintah Kota Bandung telah berjalan baik, namun masih perlu ditingkatkan. Untuk itu diharapkan penerapan standar akuntansi pemerintah di pemerintahan Kota Bandung di implementasikan secara baik, untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8702
Date: 2017


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 295.8Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.770Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 282.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 281.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 185.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 303.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 179.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 308.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 467.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 423.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 637.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 185.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 335.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record