ANALISIS KEMUNGKINAN PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI STIE EKUITAS)

Widyatama Repository

ANALISIS KEMUNGKINAN PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI STIE EKUITAS)

Show full item record

Title: ANALISIS KEMUNGKINAN PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI STIE EKUITAS)
Author: Prakosa, Sigit
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemungkinan penerapan Balanced Scorecard pada Program Studi S1Akuntansi STIE Ekuitas sebagai tolok ukur kinerja organisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara sistematis dan akurat mengenai kemungkinan penerapan Balanced Scorecard sebagai tolok ukur kinerja Program Studi S1 Akuntansi STIE Ekuitas. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan Balanced Scorecard. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis SWOT dapat dilihat bahwa Program Studi Akuntansi STIE Ekuitas memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding kelemahannya, dan juga memiliki peluang yang lebih besar dibanding ancaman yang dihadapi. Dengan demikian strategi yang tepat bagi Program Studi Akuntansi STIE Ekuitas adalah strategi pertumbuhan. Dengan Balanced Scorecard, strategi yang telah ditetapkan dijabarkan ke dalam serangkaian tujuan dengan menggunakan empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Setiap tujuan dikembangkan tolok ukurnya, yang dibuat dalam suatu rerangka Balanced Scorecard. Berdasarkan ukuran-ukuran yang terdapat dalam rerangka tersebut menunjukkan bahwa Balanced Scorecard mungkin untuk diterapkan di Program Studi S1 Akuntansi STIE Ekuitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8617
Date: 2017-07-20


Files in this item

Files Size Format View
Full Paper Sigit Prakosa.pdf 1.110Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record