PERANCANGAN ULANG KEMASAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF SERI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) PP-PAUDNI REGIONAL 1 BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2016
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Nandani Eka Mustopa. 2015. Pengantar karya Proyek Akhir Grafis ini berjudul “Perancangan Ulang Kemasan Video Pembelajaran Interaktif Seri Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) PP-PAUDNI Regional 1 Bandung”. Adapun permasalahan yang dikaji adalah bagaimana membuat rancang ulang desain media kemasan yang tepat secara konsep, desain, dan ide kreatif sehingga informasi pesan tersampaikan secara komunikatif. Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor penunjang dalam membentuk karakter siswa PAUD, karena peran Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal dimasa mendatang semakin besar seiring dengan dinamika masyarakat dan tantangan bangsa Indonesia. Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PP-PAUDNI) Regional 1 Bandung menyadari dibutuhkan media untuk proses pembelajaran, program produk pengembangan untuk mendukung visi, misi, melaksanakan tugas, dan fungsi dari PP-PAUDNI diantaranya adalah dengan bahan ajar audio visual berupa instruksional video pembelajaran interaktif atau di PP-PAUDNI disebut instruksional video life (IVL) dalam bentuk DVD pembelajaran untuk mendukung e-learning (pembelajaran elektronik atau jarak jauh). Salah satu seri IVL adalah seri Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), seri PAUD tersebut masih harus di desain sedemikian rupa dan membutuhkan tampilan media yang lebih menarik, komunikatif serta unik mengacu pada prinsip-prinsip desain. Media kemasan akan dibuat dengan pendekatan teknik ilustrasi terdiri dari sampul, desain keping DVD, buku panduan DVD, serta poster yang efektif serta efisien menginformasikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan dengan konsep desain sesuai dengan batasan ilmu yang diambil yaitu desain grafis.
Description
Keywords
Kemasan, PAUD, Video Pembelajaran Interaktif, Packaging, ECD, Video Interactive Learning