PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN (FIRM SIZE) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA
No Thumbnail Available
Date
2008
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Laporan keuangan mencerminkan kinerja suatu perusahaan dan berguna
bagi para pemakainya, baik pihak eksternal maupun pihak internal dalam
melakukan pengambilan keputusan ekonomi. Parameter yang seringkali
digunakan untuk menilai kinerja perusahaan adalah laba yang diperoleh untuk
suatu periode tertentu, yang tercermin dalam laporan laba rugi. Suatu perusahaan
yang dinilai atau dievaluasi berdasarkan laporan keuangannya akan berusaha agar
laporan keuangannya dapat memberikan ‘penampilan’ terbaik bagi para pengguna
laporan keuangan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berusaha untuk
memoles laporan keuangannya agar terlihat ‘cantik’ dimata pemakai laporan
keuangan.
Earnings management merupakan tindakan manajemen yang berupa
campur tangan dalam proses penyusunan laporan keuangan dengan maksud untuk
meningkatkan kesejahteraannya secara personel maupun untuk meningkatkan
nilai perusahaan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan bukti empiris
apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara ukuran perusahaan terhadap
praktik manajemen laba pada perusahaan go public di Indonesia. Untuk
mengidentifikasikan perusahaan yang melakukan praktik manajemen laba
digunakan discretionary accruals. Ukuran perusahaan ditentukan berdasarkan log
total penjualan. Sampel penelitian berjumlah 100 perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2006-2007 dimana pengambilan
sampelnya menggunakan teknik purposive sampling.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data field
research, studi kepustakaan, dan penggunaan software SPSS (Statiscal Product
and Service Solution) versi 11.0. Alat statistik yang digunakan adalah analisis
regresi, analisis korelasi, dan analisis determinasi yang digunakan untuk melihat
apakah ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen
laba.
Berdasarkan perhitungan dan analisis, diperoleh hasil bahwa ukuran
perusahaan berpengaruh negatif yang signifikan terhadap praktik manajemen laba.
Description
Keywords
Firm Size, Manajemen Laba