PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2013)
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh
profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode 2012-2013 secara parsial dan simultan. Faktor-faktor yang diuji
dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan sebagai
variabel independen. Sedangkan pengungkapan Corporate Social Responsibility
sebagai variabel dependen. Pengukuran pengungkapan CSR didasarkan pada
Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI) yang dilihat dari
sustainability report perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah 492 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indoneia
untuk periode 2012-2013. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode purposive
sampling, dengan jumlah sampel menjadi sebanyak 30 perusahaan. Sedangkan
metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear
berganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
parsial, profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan nilai t hitung
lebih kecil dari nilai t tabel. Sedangkan, leverage berpengaruh signifikan terhadap
pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan nilai t hitung lebih besar
dari nilai t tabel. Hasil pengujian simultan yang dilakukan membuktikan bahwa
profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan
terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan nilai f hitung
lebih besar dari nilai f tabel.
Description
Keywords
Profitability, Leverage, Firm’s Size, Corporate Social Responsibility Disclosure, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility