TINJAUAN PELAKSANAAN KUALITAS JASA SERVICE PADA NISSAN VETERAN BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Kualitas jasa dapat mempengaruhi perusahan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan cara memberikan service yang memuaskan kepada konsumen dengan fasilitas yang ada atau yang disediakan oleh perusahaan. Kualitas jasa merupakan suatu perangkat yang meliputi bukti fisik, empati, keandalan, daya tanggap, dan jaminan. Tugas akhir ini berjudul Tinjauan Pelaksanaan Kualitas Jasa Service Pada Nissan Veteran Bandung. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan kualitas jasa service pada NISSAN Veteran Bandung, untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh NISSAN Veteran Bandung dalam pelaksanaan kualitas jasa service dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan NISSAN Veteran Bandung dalam pelaksanaan kualitas jasa service. penelitian menggunakan metode deskriptif yaitu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, atapun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang (Nazir, 2003:56). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, menurut Esterberg dalam Sugiyono (2009:317) wawancara adalah merupakan pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab, sehingga dapat dikonstruksikan makna dalam suatu topik tertentu. Dan observasi menurut Supardi (2006:88), metode observasi merupakan metode pengumpul data yang dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat secara sistematik gejala-gejala yang diselidiki. Hasil penelitian Pelaksanaan Kualitas Jasa Service Pada Nissan Veteran Bandung meliputi kemudahan dalam proses pembayaran, kemampuan karyawan dalam memberikan informasi mengenai fasilitas dengan jelas dan benar, kemudahan dalam menyelesaikan aduan yang dikeluhkan konsumen, pelayanan yang cepat dan akurat. Jaminan Nissan Insurance, pelayanan yang ramah dan selalu siap menolong konsumen, perhatian terhadap kepentingan konsumen. Pemberian informasi jika terdapat pelayanan baru. Hambatan-hambatan yang dihadapi pada Nissan Veteran antara lain adalah ketersediaan onderdil/sparepart, yang kadang-kadang kehabisan stok. Perusahaan tidak memiliki mobil towing. Solusi yang dilakukan dalam menghadapi masalah yang umum terjadi adalah memberikan jaminan service kembali apabila terjadi hal-hal yang keliru dilakukan oleh petugas. Petugas akan mengkonfirmasi konsumen apabila spare part yang dibutuhkan kendaraannya tidak tersedia. Perusahaan menanggulangi service di tempat atau petugas akan menggunakan mobil towing yang terlebih dahulu diinformasikan kepada konsumen mengenai kesiapan mobil towing tersebut.
Description
Keywords
Kualitas Jasa Service, Quality of Services
Citation