TINJAUAN KUALITAS JASA PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) KANTOR PERWAKILAN AHMAD YANI BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Kualitas jasa merupakan unsur yang penting di dalam usaha meningkatkan kepuasan konsumen agar perusahaan dapat mewujudkan tunjuannya dan dapat bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis. Oleh karena itu perusahaan harus memberikan perhatian khusus pada setiap kegiatan pelaksanaan pelayanan kualitas jasa dalam hal pemenuhan kebutuhan konsumen untuk memuaskan konsumen agar perusahaan dapat mencapai tujuannya. Maka atas dasar tersebut penulis tertarik menyusun Laporan Tugas Akhir ini dengan judul “Tinjauan Kualitas Jasa PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Kantor Perwakilan Ahmad Yani Bandung” . Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari objek yang diteliti, yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi serta menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan atau sumber-sumber lain yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas jasa yang dilaksanakan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Kantor Perwakilan Ahmad Yani Bandung dilakukan secara prosedural dan mengandung unsur-unsur dimensi kualitas jasa seperti Reliability (Reliabilitas), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati), dan Tangibles (Bukti Fisik). Hambatan dalam kualitas jasa, antara lain kurang pahamnya konsumen pada proses pengiriman JNE, adanya fasilitas pendukung yaitu sebuah sistem atau aplikasi untuk menginput data yang tiba-tiba error, alamat yang diberikan konsumen kurang lengkap, karyawan yang kurang teliti, dan pesaing antar perusahaan sejenis. Upaya dalam mengatasi hambatan kualitas jasa pada PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Kantor Perwakilan Ahmad Yani Bandung antara lain memberikan product knowledge, pelatihan, dan pemahaman SOP.
Description
Keywords
Kualitas Jasa, Services Quality
Citation