PENGARUH LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP REAKSI INVESTOR (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013)
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh luas pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap reaksi investor pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah luas pengungkapan CSR sebagai variabel independen. Sedangkan reaksi investor sebagai variabel dependen yang dilihat melalui harga saham dan volume perdagangan saham.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel menjadi sebanyak 134 perusahaan. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa luas pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh secara signifikan terhadap reaksi investor yang dilihat melalui harga saham dan volume perdagangan saham dengan nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel. Dengan demikian reaksi investor tidak dipengaruhi secara signifikan oleh pengungkapan Corporate Social Responsibility.
Description
Keywords
Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Reaksi Investor, Harga Saham, Volume Perdagangan Saham, Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Investors Reaction, Share Price, Share Trading Volume