PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Tekstil dan Garment yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 – 2013)
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan salah satu kewajiban
yang harus dilaksanakan oleh perusahaan sesuai dengan isi pasal 74 Undang-
Undang Perseroan Terbatas (UUPT) yang terbaru, yakni UU Nomor 40 Tahun
2007. Melalui Undang-Undang ini, industri wajib untuk melaksanakannya.
Dengan penerapan CSR diharapkan perusahaan akan memperoleh legitimasi
sosial dan akan memaksimalkan laba dalam jangka panjang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
explanatory. Metode penelitian ini bertujuan menelaah kausalitas antar variabel
yang menjelaskan suatu fenomena tertentu. Dengan teknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam teknik non random sampling adalah metode purposive
sampling, yakni perusahaan manufaktur sektor tekstil dan garment yang listed di
Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2013. Data yang digunakan
diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan (annual report).
Model regresi yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana.
Metode pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi
pearson product moment, koefisien determinasi dan uji statistik t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility
terhadap laba perusahaan berdasarkan penelitian analisis regresi sederhana dari
hasil output SPSS 20.0 diperoleh dari perbandingan thitung dengan ttabel adalah H1
diterima dimana thitung (-0.231) <ttabel (2.22814), dan dapat ditarik kesimpulan
bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap laba perusahaan
selama kurun waktu 3 tahun.
Description
Keywords
Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Return On Asset, Profitability