PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Empiris pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dipengaruhi oleh banyak
faktor, salah satunya persepsi terhadap petugas pajak. Hal ini dapat dibuktikan
dengan tingkat kesadaran membayar pajak yang masih rendah. Tujuan penelitian ini
untuk mendapatkan bukti empiris mengenai Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus
Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu eksplanatori, dimana penelitian
bertujuan untuk menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta
hubungan kausal antara variabel satu dengan yang lain melalui pengujian hipotesis.
Teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan menggunakan kuesioner dan
penelitian kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan fiskus dan kepatuhan
wajib pajak orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees
sudah baik. Kualitas pelayanan fiskus berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak
orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees dan memiliki
hubungan yang kuat. Walaupun kinerja aparat fiskus dinilai telah baik namun perlu
diadakan evaluasi kinerja secara rutin agar kinerja aparat fiskus dapat lebih maksimal.
Description
Keywords
Kualitas Pelayanan Fiskus, Kepatuhan Wajib Pajak orang Pribadi, Quality of Service tax authorities, Compliance Individual Taxpayer