PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) MADYA BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan diharapkan dapat meningkatkan
kepuasan kepada wajib pajak sebagai pelanggan sehingga meningkatkan
kepatuhan dalam bidang perpajakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pada
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan
verifikatif dengan pendekatan survey. Pengumpulan data dilaksanakan dengan
studi lapangan melalui kuesioner sebagai alat penelitian yang disebar kepada 100
Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bandung
dengan menggunakan skala ordinal serta studi kepustakaan. Pengujian statistika
yang digunakan adalah perhitungan korelasi Pearson, koefesien determinasi, uji
hipotesis parsial (uji t) dan menggunakan aplikasi SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) kualitas pelayanan perpajakan pada
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bandung sudah baik dengan presentase
sebesar 80,79 % berada di interval antara 68 % - 84% dan nilai mean skor sebesar
4,04 ; (2) kepatuhan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya
Bandung sudah baik dengan presentase sebesar 77,90% berada pada interval
antara 68% - 84 % dan nilai mean skor sebesar 3,89 ; (3) terdapat pengaruh antara
variabel kualitas pelayanan perpajakan (X) terhadap kepatuhan wajib pajak(Y)
dengan total pengaruh sebesar 20,9% sedangkan 79,1 % sisanya dijelaskan oleh
variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Description
Keywords
Kualitas Pelayanan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak, Quality of Service Tax, Taxpayer Compliance