dc.description.abstract | Wisata Kuliner Kota Bandung merupakan salah satu tujuan wisata bagi wisatawan
domestik maupun wisatawan mancanegara, yang terkenal dengan surga belanja dan wisata
kulinernya dengan berbagai jenis macam modifikasi makanan atau mempertahankan keaslian
resepnya. Banyak restoran atau café- café yang berdiri di Kota Bandung yang menawarkan
keunggulannya masing-masing, mulai dari menu makanan yang bervariatif, fasilitas yang
disediakan dan tempat yang nyaman.
Restoran/cafe yang bertahan adalah yang paling baik dalam memberikan pelayanan
kepada konsumen. Upaya salah satunya adalah dengan terus mengembangkan konsep kuliner
yang unik, khas dan kretaif, layanan kualitas dan terus mengembangkan store atmosphere yang
berbeda dari yang lain yang mampu memberikan kenyamanan, yakni mendesain lingkungan
restoran/café agar menarik dan memberikan kesan bagi konsumen, dengan cara melakukan
komunikasi visual, pencahayaan, warna, music dan aroma (bau-bauan), menawarkan konsep
yang berbeda/unik, mulai dari konsep tradisional sampai dengan modern bahkan tempo dulu
(retro). Setiap restoran/café berusaha menonjolkan keunikan store atmosphere karena
konsumen juga menentukan pilihan tempat makan/kuliner selain kualitas pelayanan.
Variabel penelitian meliputi variabel independen yang terdiri dari: faktor kualita
spelayanan (X1) dan store atmosphere ); dan variabel dependen yaitu loyalitas konsumen (Y).
Berdasarkan hasil penelitian “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere
Terhadap Loyalitas Konsumen di Restaurant Steak Karnivor”, menunjukkan bahwa baik secara
bersama-sama maupun parsial, kualitas pelayanan dan store atmosphere berpengaruh positif
dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi
(r) = 0.573 menunjukkan bahwa hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen
termasuk kategori sedang, dan koefisien korelasi (r) = 0.805 menunjukkan bahwa hubungan
store atmosphere dengan loyalitas konsumen termasuk kategori tinggi.
Pada perhitungan koefisien determinasi menunjukkan r = 0.926 atau Kd = 85.7%,
artinya loyalitas konsumen pada Restaurant Steak Karnivor dipengaruhi oleh kualitas
pelayanan dan store atmosphere sebesar 85.7%, sedangkan sisanya sebesar 14.3% dapat
disebabkan oleh pengaruh faktor-faktor lain di luar riset.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, Y = 0,482 - 0.125X1 + 1.106X2 dan
masing-masing variabel dapat diinterpretasikan pengaruhnya sebagai berikut :
a. Nilai konstanta bertanda positif 0.482, yang menunjukkan apabila variabel kualitas
pelayanan dan store atmosphere tidak ada perubahan atau sama dengan 0 maka loyalitas
konsumen sebesar 0.482 berpengaruh signifikan.
b. Variable kualitas pelayanan memiliki koefisien regresi bertanda negatif sebesar 0.125 hal ini
berarti apabila kualitas pelayanan diturunkan setiap 1 satuan, maka akan menurunkan
loyalitas konsumen sebesar 0.125 berpengaruh signifikan.
c. Variable store atmosphere memiliki koefisien regresi bertanda positif sebesar 1,106, hal ini
berarti apabila store atmosphere ditingkatkan setiap 1 satuan, maka akan meningkatkan
loyalitas konsumen sebesar 1.106 berpengaruh signifikan. | en_US |