PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT (CONSUMER WORKER) MENGENAI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PT.BANK SYARIAH MEGA TBK CABANG BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2011
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Pengetahuan masyarakat (consumer worker) adalah semua informasi yang dimiliki masyarakat mengenai berbagai macam produk/jasa yang meliputi pengetahuan atribut, manfaat, dan nilai kepuasan produk. Pengetahuan masyarakat (consumer worker) juga merupakan salah satu faktor dalam unsur psikologis yang mempengaruhi keputusan menjadi nasabah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan masyarakat (consumer worker) mengenai perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah, dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pengetahuan masyarakat (consumer worker) terhadap keputusan menjadi nasabah. Ditinjau dari tujuannya, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dan kuantitatif.
Teknik yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan diperoleh dengan cara: wawancara, kuesioner, dan observasi, dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 nasabah dana pihak ketiga dengan metode simple ramdom sampling, kemudian dilakukan uji validitas dan realibilitas terhadap data yang diperoleh. Penelitian kepustakaan diperoleh dengan cara mengumpulkan data dan informasi serta catatan-catatanyang diperoleh dibangku kuliah maupun hasil media lainnya.
Hasil pengujian hipotesis dengan korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya pengaruh pengetahuan masyarakat (consumer worker) mengenai perbankan syariah yang dijadikan indikator untuk variabel X dan pengaruhnya terhadap keputusan menjadi nasabah PT.Bank Syariah Mega yang dijadikan indikator untuk variabel Y sebesar 0,9966 yaitu terjadinya hubungan yang baik antara pengaruh pengetahuan masyarakat (consumer worker) mengenai bank syariah terhadap keputusan menjadi nasabah PT.Bank Syariah Mega Tbk Cabang Bandung. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung 119,742 yang berarti lebih besar dari t tabel (5% : n = 100) = 1,9799. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis nol (Ho) ditolak dengan taraf signifikan α = 5%, jadi hipotesis yang penulis kemukakan yaitu “Pengaruh pengetahuan masyarakat (consumer worker) mengenai perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah PT.Bank Syariah Mega Tbk Cabang Bandung”. Dapat diterima.
Description
Keywords
Perbankan Syariah