PENGARUH ATRIBUT KUALITAS AUDIT TERHADAP KEPUASAN KLIEN (Survey pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di PT. Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC))

No Thumbnail Available
Date
2012
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Perkembangan dunia usaha dari waktu ke waktu semakin meningkat. Hal tersebut dapat menimbulkan adanya konflik kepentingan antara klien dan auditor. Dimana perusahaan menginginkan Unqualified Opinion sebagai hasil laporan auditnya, namun disatu sisi auditor harus bersikap independen dalam memberikan opini. Oleh karena itu perlunya mencari persamaan persepsi kedua belah pihak, salah satunya dengan mengukur atribut kualitas jasa audit. Atribut kualitas audit adalah hal-hal yang melekat pada pengerjaan pengauditan atau aktivitas auditor, yang terdiri atas 12 atribut. Sedangkan kepuasan klien merupakan tingkat perasaan klien setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya. Objek penelitian ini adalah atribut kualitas audit dan kepuasan klien. Subjek penelitian ini adalah seluruh kepala bagian keuangan dan kepala bagian SPI beserta staf pada perusahaan yang beroperasi di PT. Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC) dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan metode pengumpulan data kuesioner. Dianalasis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 15.0. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara atribut kualitas audit terhadap kepuasan klien. Hasil uji t menunjukan bahwa secara parsial atribut pengalaman melakukan audit, memahami industri klien, responsif terhadap kebutuhan klien, taat pada standar umum, sikap hati-hati, komitmen yang kuat terhadap kualitas audit, melakukan pekerjaan lapangan dengan tepat, dan standar etika yang tinggi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan klien, sedangkan atribut taat pada standar umum, independensi, keterlibatan komite audit, keterlibatan pimpinan KAP, dan sikap tidak mudah percaya tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan klien. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa atribut kualitas audit memberikan pengaruh terhadap kepuasan klien sebesar 90,40%. Saran yang diajukan pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kepuasan klien, auditor perlu membuat perencanaan yang lebih matang dan tepat, serta lebih mempertimbangkan sifat dan luas pekerjaan yang harus dilaksanakan asisten, agar pelaksanaan audit dapat lebih efektif dan efisien.
Description
Keywords
Atribut Kualitas Audit, Kepuasan Klien
Citation