PERANCANGAN BRANDING VOLKSWAGEN CLUB TASIKMALAYA (VECTA)
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Indonesia, khususnya di kota-kota besar memiliki masyarakat yang heterogen, dimana terdiri dari orang-orang dengan bermacam perilaku, kebiasaan, dan kesukaan. Atas bermacam perilaku, kebiasaan dan kesukaan tersebut, maka terbentuklah sebuah komunitas berdasarkan kesamaan pada hal tertentu. Volkswagen Club Tasikmalaya atau disingkat VECTA, adalah sebuah komunitas bagi pecinta mobil Volkswagen di Kota Tasikmalaya. VECTA didirikan pada tanggal 4 November 2000 dan dalam naungan Volkaswagen Indonesia. Saat ini, sayangnya corporate identity dan rancangan pada media promosi VECTA masih terlalu sederhana dan tidak tersistem dengan baik. VECTA memerlukan branding yang tepat untuk dapat menanamkan kekuatan brandnya di mata masyarakat luas. Branding VECTA tersebut akan dibuat untuk dapat menanamkan eksistensi VECTA pada benak masyarakat luas dan perekrutan anggota baru.
Perancangan visual merek mengacu pada metode pembentukan merek, dengan menggunakan pendekatan bidang desain komunikasi visual (spesifik pada ilmu desain grafis). Tahapannya meliputi merancang identitas visual merek, menentukan warna, jenis huruf (typeface) sebagai pendukung pesan verbal, tata letak (layout), konsep dan strategi komunikasi, menetapkan media, gaya dan teknis pengerjaan, dan terakhir merinci aspek produksi (faktor pembiayaan atau budgeting), yang kesemuanya harus direncanakan seksama.
Pemilihan material, penentuan ukuran media aplikasi visual merek, penjabaran teknik, dan pembahasan biaya produksi, menjadi bagian cakupan teknis pekerjaan yang dilalui dalam pembuatan desain. Hasil akhir terpenting adalah terwujudnya visualisasi karya desain merek secara nyata dan bentuk-bentuk media berbasis komunikasi visual.
Description
Keywords
Perancangan Branding