ANALISIS PERUBAHAN NAMA DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDUNG I

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Transformasi adalah salah satu langkah penting dalam sebuah bisnis, terutama bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung I merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bidang Ketenagakerjaan yang bergerak dibidang jasa. Pada awal tahun 2014 Pemerintah telah melakukan transformasi dengan menetapkan Peraturan UU No. 24 Tahun 2011 tentang PT Jamsostek yang berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Transformasi PT. Jamsostek (Persero) menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan masih dalam proses dan masih terus di perbaharui secara prosedural. Perusahaan ini berkepentingan menjamin keselamatan tenaga kerja dan bermanfaat bagi kenyamanan tenaga kerja saat bertugas. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk mengambil judul Tugas Akhir “Analisis Perubahan Nama di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung 1”. Proses perubahan nama memiliki tahap-tahap transformasi yakni, Tahap Rekonsolidasi, fit-in Infrastructure, Best Practice, Sustainability Total Benefit and Service, Implementation, Quick Service, Necessity, Expenditure. BPJS Ketenagakerjaan Cabang 1 menghadapi hambatan-hambatan dalam proses perubahan nama yaitu mulai dari pendataan dalam sistem online yang kurang efisien, pelayanan yang kurang calo yang berkeliaran dilingkungan BPJS, penggunaan smartcard yang belum terlaksana. Untuk mengatasi hambatan-hambatan diatas, BPJS Ketenagakerjaan telah melakukan upaya-upaya yaitu dengan peningkatan server dan mengeluarkan sistem mobile phone, melakukan In-house Training dalam kesigapan pegawai, diberikan sanksi dalam pencaloan, peroleh perizinan smartcard. Perubahan Nama yang terjadi di BPJS Ketenagakerjaan masih terus diperbaharui dan ditingkatkan agar dapat tercapainya tujuan perusahaan tersebut.
Description
Keywords
Transformasi, Transformation
Citation