TINJAUAN PELAKSAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI BANK JABAR BANTEN KCP MARGAASIH KAB.BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan dan pengembangan dalam rangka
mencapai tujuan organisasi T. Hani Handoko (2011: 8). Pada umumnya sistem penilaian
kinerja karyawan masih digunakan sebagai alat untuk mengendalikan perilaku karyawan,
membuat keputusan-keputusan yang berkaitan dengan kenaikan gaji, pemberian bonus,
promosi dan penempatan karyawan pada posisi yang sesuai serta mengetahui kebutuhan
pelatihan dan pengembangan karyawan yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu
dilakukan penilaian kinerja agar perusahaan mengetahui seberapa baik karyawan setelah
bekerja.Sumber Daya Manusia yang dimiliki oleh Bank Bjb sebagai salah satu faktor
yang mendukung setiap kegiatan dan keputusan yang diambil manajemen dalam
mewujudkan peningkatan kinerja yang terus menerus guna mewujudkan tujuan
perusahaan. Mengadakan penilaian kinerja dalam suatu perusahaan dapat mengendalikan
perilaku karyawan sehingga perusahaan mengetahui tingkat prestasi karyawan sehingga
mampu menempatkan karyawan dengan pekerjaan yang sesuai untuk mencapai hasil
yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses
penilaian kinerja yang terjadi pada Bank Bjb Kcp Margaasih apakah penilaian tersebut
subjektif atau objektif . Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode penelitian
deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan data-data yang diperoleh dari Bank Bjb Kcp
Margasih baik berupa dokumen maupun informasi keterangan lainnya. Hasil dari
penilaian kinerja pada Bank Bjb Kcp Margasih mengalami peningkatan lebih baik dari
pada tahun-tahun sebelumnya Karena Bank Bjb semakin objektif dalam penilaian kinerja
karyawan. Pelaksanaan kinerja karyawan di Bank Bjb dilakukan tiga bulan sekali dengan
hambatan adanya karyawan yang tidak memenuhi standar kerja dan adanya faktor
kedekatan dengan atasan. Solusi nya pimpinan memberikan pelatihan lagi dan solusi
kedua pimpinan memerikan sanki yang cukup tegas. Oleh karena itu penulis memberi
saran agar penilaian kinerja pada Bank Bjb Kcp Margaasih dapat lebih ditingkatkan lagi
agar kualitas karyawan di Bank Bjb Kcp Margaasih semakin baik.
Description
Keywords
Penilaian Kinerja, Performance Assessment