PENGARUH SELF ASSESSMENT SYSTEM DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIP PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA BANDUNG TEGALLEGA
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Di dalam self assessment system Direktorat Jenderal Pajak memainkan peran dengan memberikan pelayanan pajak, apabila dilaksanakan secara optimal maka dapat meningkatkan kepatuhan sukarela wajib pajak dalam pemenuhan kewajiban dan haknya di bidang perpajakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self assessment system dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Tegallega.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan survey. Pengumpulan data dilaksanakan dengan studi lapangan melalui kuesioner sebagai alat penelitian yang disebar kepada 100 Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Tegallega dengan menggunakan skala ordinal yang dikonversi menjadi data interval serta studi kepustakaan. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi Pearson, koefisien determinasi, uji hipotesis simultan dan parsial dan juga menggunakan aplikasi SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) self assessment system pada KPP Pratama Bandung Tegallega sudah cukup baik dengan total nilai sebesar 67,1% ; (2) kualitas pelayanan pajak pada KPP Pratama Bandung Tegallega sudah baik dengan total nilai sebesar 77,6% ; (3) kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Bandung Tegallega sudah baik dengan total nilai sebesar 80,9% ; (4) terdapat pengaruh signifikan antara variabel self assessment system (X1), kualitas pelayanan pajak (X2) terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Y) dengan total pengaruh sebesar 52,7% sedangkan sisanya 47,3% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Self Assessment System, Kualitas Pelayanan.
Description
Keywords
Self Assessment System, Kualitas Pelayanan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Quality of Tax Service, Compliance of an individual Tax Payers