PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN DI BAGIAN INTERN PENJUALAN (Studi kasus pada Perusahaan PT. INDOSINGA LESTARI)
No Thumbnail Available
Date
2006
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Kegiatan penjualan merupakan aktivitas utama dalam sebuah perusahaan dalam
mempertahankan kelangsungan hidup perusahan, karena masalah penjualan adalah
masalah yang masalah yang sangat penting yang dapat menentukan maju atau tidaknya
suatu perusahaan. Tolak ukur suatu perusahaan bisa dilihat dari sejauh mana tingkat
penjualan barang atau produk yang dijual perusahan kepada customer.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, penulis ingin membahas mengenai mengenai
masalah bagaimana pengendalian intern atas penjualan dapat dilaksanakan oleh
perusahaan , dan sejauh mana peranan audit internal penjualan serta bagaimana peranan
audit internal dalam menunjang pengendalian efektivitas pengendalian intern penjualan.
Penulis melakukan penelitian ini pada PT INDOSINGA LESTARIyang berlokasi di Jl
Kiaracondong No. 70 Bandung yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
industri tekstil
Metode yang dilakukan dalam penelitian adalam metode deskriptif analitik
dengan mengumpulkan data sesuai dengan keadaan sebenarnya serta memberikan
gambaran dan analisis. Penulis mencoba untuk menyusun, mengolah, menganalisis, serta
menginterpletasikan fakta yang terdapat guna menjawab dan mengetahui bagaimana
peranan audit internal pada perusahaan tersebut dalam menunjang efektivitas
pengendalian intern penjualan.dapat dilaksanakan.
Atas dasar data yang didapat oleh penulis selama penelitian, maka penulis tertarik
untuk membahas masalah ini dengan hipotesis sebagai berikut “ Audit internal pada
perusahaan telah dilakukan dengan memadai dan dengan demikian pula pengendalian
internal penjualan pada perusahaan telah dilaksanakan dengan efektif “ . Dan oleh karena
itu audit internal pada perusahaan sangat berperan dalam menunjang efektivitas
pengendalian intern penjualan. Dan dengan demikian hipotesis tersebut dapat diterima.
Description
Keywords
Audit Internal, Efektivitas Pengendalian, Penjualan