PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN (Studi kasus pada PT. INTI)

No Thumbnail Available
Date
2008
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah sepenuhnya lepas dari pembinaan instansi-instansi teknis yang juga bertindak sebagai regulator BUMN, dan harus selalu bersaing dengan badan- badan usaha milik swasta untuk memenangkan tender yang dilakukan oleh instansi-instansi pemerintah. Pengendalian internal yang baik diharapkan membuat sesuatu yang telah direncanakan dapat dicapai secara efektif. Tanggung jawab atas pencapaian tujuan, membawa konsekuensi bahwa para manajer perlu melakukan evaluasi terhadap penyimpangan yang terjadi dari rencana yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul : Pengaruh Audit Internal terhadap Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan” sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah karyawan bagian audit internal di PT. INTI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Adapun hasil penelitian, audit internal pada PT INTI telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase responden mayoritas yang memberikan jawaban sangat setuju sebesar 18%, setuju sebesar 63%, kemudian yang menjawab tidak setuju sebesar 13.8%, kurang setuju sebesar 5%, sedangkan yang menjawab sangat tidak setuju sebesar 0,2%. Pengendalian intern penjualan yang dilaksanakan perusahaan telah efektif, hal tersebut dapat dilihat dari 23,8% responden menjawab sangat setuju, 61.2 % responden menjawab setuju, dan responden yang menjawab tidak setuju sebesar 9,5%, sedangkan 9,5% responden menjawab kurang setuju, sedangkan yang menjawab sangat tidak setuju tidak ada.. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengendalian intern penjualan telah dilaksanakan dengan efektif. Pengaruh audit internal terhadap efektivitas pengendalian internal penjualan di PT INTI berdasarkan hasil perhitungan rank spearman di dapat hasil rs atau koefisien korelasi antara hubungan audit internal dengan efektivitas pengendalian intern penjualan sebesar 0.69 yang termasuk kategori kuat yang berada pada interval 0,60 – 0,799. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh 54,76% dan sisanya 45,24% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Dari perhitungan statistik uji thitung didapat nilai 9,07 lebih besar dari ttabel 1,669, maka Ha diterima dan Ho di tolak. Ini berari hipotesis yang dikemukakan penulis yaitu “Terdapat Pengaruh Audit Internal terhadap Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan” dapat diterima.
Description
Keywords
Audit Internal, Pengendalian Intern Penjualan
Citation