PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN (Studi kasus pada PT. INTI)
No Thumbnail Available
Date
2008
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah sepenuhnya lepas dari
pembinaan instansi-instansi teknis yang juga bertindak sebagai regulator BUMN,
dan harus selalu bersaing dengan badan- badan usaha milik swasta untuk
memenangkan tender yang dilakukan oleh instansi-instansi pemerintah.
Pengendalian internal yang baik diharapkan membuat sesuatu yang telah
direncanakan dapat dicapai secara efektif. Tanggung jawab atas pencapaian
tujuan, membawa konsekuensi bahwa para manajer perlu melakukan evaluasi
terhadap penyimpangan yang terjadi dari rencana yang telah ditetapkan.
Dalam penelitian ini penulis mengambil judul : Pengaruh Audit Internal
terhadap Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan” sedangkan yang menjadi
subjek penelitian adalah karyawan bagian audit internal di PT. INTI. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus.
Adapun hasil penelitian, audit internal pada PT INTI telah dilaksanakan
dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase responden mayoritas yang
memberikan jawaban sangat setuju sebesar 18%, setuju sebesar 63%, kemudian
yang menjawab tidak setuju sebesar 13.8%, kurang setuju sebesar 5%, sedangkan
yang menjawab sangat tidak setuju sebesar 0,2%.
Pengendalian intern penjualan yang dilaksanakan perusahaan telah efektif,
hal tersebut dapat dilihat dari 23,8% responden menjawab sangat setuju, 61.2 %
responden menjawab setuju, dan responden yang menjawab tidak setuju sebesar
9,5%, sedangkan 9,5% responden menjawab kurang setuju, sedangkan yang
menjawab sangat tidak setuju tidak ada.. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
pengendalian intern penjualan telah dilaksanakan dengan efektif.
Pengaruh audit internal terhadap efektivitas pengendalian internal
penjualan di PT INTI berdasarkan hasil perhitungan rank spearman di dapat hasil
rs atau koefisien korelasi antara hubungan audit internal dengan efektivitas
pengendalian intern penjualan sebesar 0.69 yang termasuk kategori kuat yang
berada pada interval 0,60 – 0,799. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi
diperoleh 54,76% dan sisanya 45,24% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak
diteliti oleh penulis. Dari perhitungan statistik uji thitung didapat nilai 9,07 lebih
besar dari ttabel 1,669, maka Ha diterima dan Ho di tolak. Ini berari hipotesis yang
dikemukakan penulis yaitu “Terdapat Pengaruh Audit Internal terhadap
Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan” dapat diterima.
Description
Keywords
Audit Internal, Pengendalian Intern Penjualan