TINJAUAN ATAS PENYUSUNAN DAN REALISASI ANGGARAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN DAGANG HEARTWARMER BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2009
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Anggaran adalah suatu dasar bagi manajemen untuk menentukan kegiatan
apa saja yang akan dilakukan, sasaran-sasaran apa yang akan dituju dan
bagaimana seluruh sumber daya yang tersedia dan melihat sejauh mana hasil yang
telah dicapai sesuai dengan yang telah direncanakan semula.
Pada perusahaan dagang, penjualan merupakan unsur yang paling penting
karena sebagian besar tujuan utama perusahaan adalah memperoleh laba.
Penjualan merupakan kegiatan yang paling penting dalam mencapai tujuan
perusahaan, sehingga manajemen dituntut untuk melaksanakan fungsi secara
efektif terutama pada fungsi perencanaan dan pengendalian terhadap seluruh
kegiatan penjualan. Alat yang dapat digunakan untuk membantu manajemen
dalam mencapai laba dan efektivitas penjualan adalah anggaran penjualan.
Tujuan penelitian Tugas Akhir ini secara efektif adalah untuk mengetahui
prosedur penyusunan dan realisasi anggaran penjualan serta hambatan-hambatan
yang dihadapi dalam penyusunan anggaran penjualan tersebut. Penulis melakukan
penelitian pada Perusahaan Dagang Heartwarmer, Jln Muara Baru I No 22
Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode
penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan serta menguraikan
dengan terperinci mengenai prosedur penyusunan anggaran.
Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa perhitungan, penyusunan dan
realisasi anggaran penjualan telah cukup memadai. Perusahaan dagang
Heartwarmer menggunakan metode buttom up dalam membuat peramalan serta
penyusunan anggaran penjualan. Berdasarkan realisasi anggaran penjualan tahun
2007 dan tahun 2008 menunjukkan bahwa perusahaan telah mencapai target yang
diharapkan bahkan melebihi dari jumlah yang sudah dianggarkan.
Description
Keywords
Anggaran Penjualan