TINJAUAN ATAS PENYUSUNAN ANGGARAN PENJUALAN PADA DIVISI JARINGAN TELEKOMUNIKASI SELULLAR (JTS) PT INTI (PERSERO) BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2009
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penyusunan anggaran penjualan dalam perusahaan merupakan dasar
penyusunan anggaran lainnya dan pada umumnya anggaran penjualan disusun terlebih
dahulu sebelum menyusun anggaran lainnya, karena anggaran penjualan menjadi
sumber yang sangat penting bagi kegiatan perusahaan khususnya kegiatan penjualan
dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Untuk itu perusahaan perlu memiliki
manajemen yang baik dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan operasional.
Pengelolaan anggaran penjualan sebagai acuan bagi perusahaan dalam
melaksanakan kegiatan operasionalnya. Anggaran adalah suatu perencanaan dari
seluruh kegiatan perusahaan ataupun instansi dinyatakan dalam unit moneter dalam
jangka waktu yang akan datang diharapkan mampu menjadi landasan kerja instansi
baik sebagai alat pedoman kerja, sebagai alat pengendalian kerja, dan juga sebagai
alat pengkoordinasian kerja.
Metode yang digunakan dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini adalah
metode analisis deskriptif yaitu suatu metode penelitian dengan melakukan
pengumpulan data dan informasi dari perusahaan melalui kegiatan praktik kerja
lapangan, kemudian data dan informasi disusun, diolah, dan selanjutnya dilakukan
analisis sehingga menghasilkan suatu kesimpulan.
Hasil dari analisis ini menunjukan proses penyusunan anggaran penjualan ini
dilakukan dengan menggunakan metode campuran atau top down dan bottom up,
dimana semua unit organisasi dilibatkan dalam menyusun anggaran penjualan.
Rancangan penjualan ini akan ditetapkan oleh RUPS dan setelah ditetapkan
dilaksanakan oleh setiap unit. Hal ini terbukti dengan adanya prosedur dan
pelaksanaan penyusunan anggaran penjualan yang ada sudah berjalan sesuai yang
diharapkan, hal ini dapat dilihat dari persentase efektivitas penjualan menunjukan
bahwa kinerja PT INTI (PERSERO) efektif.
Dari hasil praktik kerja penulis menyarankan agar perusahaan melakukan
penelitian pasar tentang produk dan konsumen yang ditentukan pangsa pasar sehingga
dapat menyusun anggaran penjualan yang lebih efektif.
Description
Keywords
Penyusunan Anggaran Penjualan