TINJAUAN ATAS PENYUSUNAN ANGGARAN PENJUALAN PADA BASKIN ROBBINS ICE CREAM BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2009
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penyusunan anggaran penjualan dalam perusahaan merupakan dasar
penyusunan anggaran lainnya dan pada umumnya anggaran penjualan disusun
terlebih dahulu sebelum menyusun anggaran lainnya, karena anggaran penjualan
menjadi sumber yang penting bagi kegiatan perusahaan. Untuk mmencapai
tujuannya, perusahaan perlu memiliki manajemen yang baik dalam mengelola dan
melaksanakan kegiatan operasional .
Dalam penyusunan laporan Tugas Akhir ini, yang menjadi objek kerja praktik
penulis adalah Baskin Robbins Ice Cream, khususnya mengenai penyusunan dan
realisasi anggaran penjualan di dalam perusahaan dan manfaat yang diperoleh dari
penyusunan anggaran penjualan tersebut Baskin Robbins adalah perusahaan yang
menjadi dan mendistribusikan kebutuhan masyarakat.
Metode yang digunakan penulis dengan menggunakan metode deskriftif yang
meliputi wawancara, observasi, dan penelitian kepustakaan dengan cara mempelajari
literatur-literatur yang berhubungan dengan laporan Tugas Akhir ini, kemudian
disusun secara sistematis dan ditarik kesimpulannya serta saran-saran bilamana
diperlukan.
Berdasaran penelitian yang telah dilakukan penulis, ternyata perusahaan
menggunakan jenis anggaran yang Comprehensif Budget dan penyusunan anggaran
penjualan dilaksanakan dengan cara Buttom up yaitu metode penyusunan anggaran
disiapkan oleh pihak yang melaksanakan anggaran tersebut, kemudian anggaran
penjualan akan diberikan kepada pihak yang lebih tinggi untuk mendapat persetujuan
dan pengesahan.
Dengan demikian prosedur dan pelaksanaan penyusunan anggaran penjualan
Baskin Robbins telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, hal ini dapat terbukti
dari anggaran yang disusun untuk pedoman kerja.
Akhirnya penulis menyarankan agar perusahaan dalam melaksanakan
kegiatan pemasaran dan penjualan tetap berpedoman pada anggaran yang telah dibuat
serta berusaha menangani hal-hal yang dianggap jadi penghambat pelaksanaan
penjualan.
Description
Keywords
Penyusunan Anggaran Penjualan