PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTO AYAM BETUTU CEP’ER BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2013
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Thesis Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Bisnis merupakan kegiatan produktif yang dapat meningkatkan perekonomian suatu Negara.
Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang sedang diminati saat ini terutama di Bandung hingga
terkenal akan kota kulinernya. Tingkat persaingan yang sangat ketat ini menuntut produsen
kuliner untuk selalu berupaya meningkatkan daya saing melalui banyak aspek yang dapat
ditawarkan ke pasar. Kualitas produk dan kualitas pelayanan adalah beberapa aspek yang sangat
penting karena konsumen menginginkan produk dan pelayanan yang sesuai dengan apa yang
mereka harapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas
produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Resto Ayam Betutu Cep’Er
Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif verifikatif yang pada
dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan
data di lapangan guna memprediksi dan menjelaskan hubungan atau pengaruh dari suatu variabel
terhadap variabel lainnya. Banyaknya sampel yang diteliti adalah 70 responden yang merupakan
konsumen Resto Ayam Betutu Cep’Er Bandung.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa persamaan regresi linear berganda
untuk pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian adalah
Y = 0,602 + 0,328 X1 + 0,520 X2. Kualitas produk dengan skor rata-rata 3,87 masuk dalam
criteria “Baik” dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian berdasarkan thitung (3,013) > ttabel
(1,996) dengan uji dua pihak dan derajat bebas (df) = 67 ; α = 0,05. kualitas pelayanan dengan
skor rata-rata 3,86 masuk dalam kriteria “Baik” dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian
berdasarkan thitung (4,949) > ttabel (1,996). Kualitas pembelian memiliki skor rata-rata 3,87 masuk
dalam criteria “Baik”. Sedangkan secara simultan kualitas produk dan kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai Fhitung (67,298) > Ftabel
(3,134).
Description
Keywords
Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk