PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN CITI TRANS
Abstract
Perusahaan jasa saat ini sangat mudah dijumpai di kota-kota besar, salah
satunya jasa transportasi yang dapat mempermudah kita dalam menjalankan
aktifitas setiap hari. Persaingan dalam bidang jasa transportasi pun semakin ketat,
khususnya yang menyediakan trayek antar kota. Citi Trans adalah perusahaan
yang bergerak dalam bidang jasa transportasi Bandung – Jakarta dan sebaliknya.
Citi Trans selalu mengutamakan pelayanan, kenyamanan dan keamanan untuk
para penumpangnya dengan memberikan pelayanan pada personal seat yang
jumlahnya terbatas. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas
dari konsumen agar tercapainya target dan sasaran perusahaan. Penelitian ini
berjudul Pengaruh Kualitas Jasa terhadap Loyalitas Konsumen pada Citi Trans.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas jasa pada travel Citi
Trans. Tanggapan konsumen mengenai kualitas jasa, tingkat loyalitas konsumen
dan mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas jasa yang diberikan oleh Citi
Trans terhadap loyalitas konsumen pada Citi Trans. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa hubungan kualitas jasa dengan loyalitas konsumen Citi
Trans dapat dikatakan cukup kuat yaitu sebesar 0,585. Sedangkan pengaruh
kualitas jasa terhadap loyalitas konsumen Citi Trans berdasarkan perhitungan
koefisien determinasi yaitu sebesar 45% dan sisanya sebesar 55% dipengaruhi
oleh faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini oleh penulis, misalnya
faktor promosi dan harga. Dari perhitungan uji hipotesis, nilai t hitung adalah 13,954
lebih besar dari ttable 1,6606. Ini menujukkan H0 ditolak dan Ha diterima, maka
kualitas jasa memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas konsumen. Hal ini
berarti hipotesis yang penulis ajukan pada Bab I yaitu “Kualitas jasa memiliki
pengaruh yang positif terhadap loyalitas konsumen” dapat diterima.
Collections
- Management - Bachelor [2474]