TINJAUAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) Kantor Wilayah Usaha Pos V Bandung 40123
No Thumbnail Available
Date
2006
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penilaian Kinerja adalah suatu kegiatan yang dilakukan
manajemen/penyelia penilai untuk menilai kinerja tenaga kerja dengan
cara membandingkan kinerja atas kinerja dengan uraian/diskripsi
pekerjaan dalam suatu periode tertentu biasanya setiap akhir tahun
(menurut, Dr.B. Siswanto Sastrohadiwiryo 2003:231) dalam bukunya
Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Dalam kegiatan ini di maksudkan
untuk mengukur kinerja masing-masing tenaga kerja dalam
mengembangkan kualitas kerja, pembinaan selanjutnya, tindakan
perbaikan atas pekerjaan yang kurang sesuai dengan deskripsi pekerjaan,
serta untuk keperluan yang berhubungan denga masalah ketenagakerjaan
lainnya.
Dalam penyusunan Tugas Akhir ini merupakan hasil pengamatan
selama 1(satu) bulan (dari tanggal 26-september s/d 2 november 2006).
Metode yang digunakan dalam pembuatan laporan ini yaitu metode
diskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan cara observasi,
wawancara dan studi kepustakaan, dengan tujuan agar dapat mengetahui
bagaimana pelaksanaan penilaian kinerja yang dilakukan oleh PT Pos
Indonesia wilayah Pahlawan Bandung dan upaya apa untuk mengatasi
hambatan-hambatan yang terjadi.
Hasil dari pengamatan tersebut, pelaksanaan penilaian kinerja di
PT Pos Indonesia Wilayah Pahlawan Bandung pada dasarnya untuk
memberikan penilaian terhadap seorang pegawai negeri sipil yang
dilakukan oleh penjabat penilai yang merupakan atasan langsung dari
pegawai yang bersangkutan. Dengan tujuannya untuk menetukan
jabatan,sebagai dasar pertimbangan dalam melakukan suatu promosi,
demosi,kenaikan berkala gaji dasar, untuk memberi penghargaan bagi
karyawan, serta dapat mengenali kebutuhan akan pelatihan dan
pengembangan pegawai. Dari segi manfaatnya yaitu membantu
mendorong pegawai agar merusaha meningkatkan kinerjanya dan
meningkatkan motivasi dan kepuasan atas hasil yang telah dikakukannya.
Metode penilaian yang digunakan, yaitu ranting scale. Prosedur dalam
penilaian kinerja yaitu dengan mengisi daftar penilaian pelaksanaan
pekerjaan (DP3). Adapun usaha yang dilakukan untuk mengatasi
hambatan, yaitu berusaha seobyektif mungkin dalam melakukan penilaian
dengan melibatkan para pegawai untuk memberi pendapatnya tentang
pegawai yang dinilai. Berdasarkan permasalahan tersebut, saran yang
diberi penulis, yaitu dengan memberi pelatihan kepada penilai sehingga
penilai mempunyai pengetahuan yang lebih luas tentang arti pentingnya
hasil dari sebuah penilaian dan penilai harus memiliki ketegasan dalam
melakukan penilaian sesuai dengan kinerja yang dihasilkannya.
Description
Keywords
Penilaian Kinerja Karyawan