TINJAUAN PELAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI PADA PT KHARISMA FILM BANDUNG
Abstract
Ketetapan perusahaan dalam menentukan saluran distribusinya akan sangat
mendukung lancarnya penyaluran produk sampai ketangan konsumen. Sesuai dengan
uraian-uraian tersebut penulis tertarik untuk melakukan peninjauan menyangkut saluran
distribusi yang dilaksanakan oleh PT.Kharisma Jabar Film yang bergerak selaku
distibutor film. PT.Kharisma Jabar Film dalam melaksanakan penyaluran produknya
memeiliki tujuan mendekatkan produk (film) sedekat-dekatnya kepada konsumen.
Dengan demikian, diharapkan konsumen menjadi lebih mudah didalam mendapatkan
film-film yang dibuat oleh produsen-produsen film layer lebar untuk ditayangkan di
bioskop dengan adanya kemudahan tersebut, kemungkinan konsumen untuk menonton
film akan lebih besar.
PT.Kharisma Jabar Film PT.Kharisma Jabar Film merupakan perusahaan yang
bergerak dalam bidang perbioskopan yang beralamat di jalan Jendral Sudirman No. 554
Bandung. Perusahaan ini didirikan oleh Ir. Chand Parwez Servia pada tahun 1982 yang
pada saat itu hanya bergerak dibidang pendistribusian film di beberapa bioskop saja,
tetapi kemudian berkembang menjadi distributor film hingga wilayah Jawa Barat.
PT.Kharisma Jabar Film dalam melakukan penyaluran produknya dilakuka
dengan cara saluran distribusi tidak langsung atau dengan memakai perantara. Saluran
terebut digunakan dengan harapan akan semakin memperlancar proses pendistribusian
produk kepada konsumen secara berkesinambungan, ada dua jenis tingkat saluran
distribusi yang dilaksanakan oleh PT.Kharisma Jabar Film yaitu saluran distribusi satu
tingkat dan saluran distibusi dua tingkat, dimana pada saluran distibusi satu tingkat
menggunakan satu perantara yaitu pengecer besar, sedangkan pada saluran distribusi dua
tingkat menggunakan dua perantara yaitu distributor yang nota bene adalah PT.Kharisma
Jabar Film sendiri lalu bioskop dan pada akhirnya ke konsumen akhir.
PT.Kharisma Jabar Film menetapkan ada beberapa faktor yang diperhatikan
dalam pemilihan saluran distribusi, yaitu faktor produk, pasar dan produsen, dalam
pelaksanaan saluran distribusinya PT.Kharisma Jabar Film memiliki beberapa masalah
atau kendala yang sedikit menghambat proses pendistribusian produknya, yaitu sarana
transportasi milik perusahaan yang masih terbatas jumlahnya, dan persaingan yang
semakin hari semakin ketat dengan perusahaan penyalur-penyalur film lain yang bergerak
dalam usaha perfilman dan bioskop. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perusahaan
berusaha meningkatkan kualitas produknya disertai harga produk yang bersaing agar
dapat merebut hati konsumen.
Collections
- Management - Vocational [591]