PROSEDUR PELAKSANAAN PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PT. JASA MARGA (PERSERO) CABANG PURBALEUNYI BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2006
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Dalam dunia usaha, suatu perusahaan didirikan pada dasarnya dalam upaya
untuk mengembangkan kemampuan manajerial serta perusahaan tersebut harus
mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan. Untuk mencapai tujuan tersebut manajemen dalam perusahaan akan
mengadakan suatu kegiatan yang dinamakan penilaian prestasi kerja karyawan.
Pelaksanaan penilaian prestasi kerja karyawan menjadi suatu kegiatan yang sangat
penting karena dari kegiatan ini perusahaan dapat menentukan kompensasi, dapat
mengetahui kekurangan atau kelebihan karyawannya dalam bekerja demi kemajuan
perusahaan.
Pelaksanaan penilaian prestasi kerja karyawan diperlukan untuk membantu
manajemen dalam mengidentifikasi kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam
bidang-bidang operasional suatu perusahaan, yang diharapkan akan membawa
perbaikan atau peningkatan atas prestasi yang dicapai.
PT. Jasa Marga (Persero) merupakan salah satu badan usaha yang bergerak
dalam bidang pelayanan jasa, dimana PT. Jasa Marga (persero) ini menyelenggarakan
kegiatan operasional pengumpulan tol, pengaturan dan pelayanan lalu lintas,
perencanaan pembangunan dan pemeliharaan jalan atau jembatan tol serta
pengelolaan sumber daya operasional sesuai dengan tata laksana atau prosedur dan
tingkat kewenangan yang telah ditetapkan.
Kinerja PT. Jasa Marga (Persero) selama ini sudah cukup baik, hal tersebut
dapat terlihat dari pelaksanaannya yang sesuai dengan prosedur yang ada dan dapat
terlihat pula dari hasil yang diperoleh berdasarkan penilaian yang dilakukan setiap 3
(tiga) bulan sekali, dengan menggunakan metode Rating Scale. tetapi PT. Jasa Marga
(Persero) tidak terlepas dari suatu permasalahan yang berupa Hallo Effect, dan tindak
penyuluhannya dengan cara melakukan pelatihan mengenai tata cara penilaian prestasi
kerja yang baik. Hal tersebut tidak akan terlepas dari upaya manajemen PT. Jasa Marga
(Persero) dalam mengelola sumber daya manusia yang dimilikinya karena perusahaan
menyadari bahwa sumber daya manusia merupakan asset yang paling berharga.
Adapun penilaian prestasi kerja yang dilakukan PT. Jasa Marga (Persero) yaitu
dengan menggunakan formulir penilaian prestasi kerja karyawan, PT. Jasa Marga
(Persero) pun mempunyai standar kriteria penilaian, dimana diharapkan karyawan akan
mampu memberikan hasil kerja yang optimal demi kemajuan perusahaan.
Mengingat begitu pentingnya penilaian prestasi kerja yang merupakan kekayaan
karyawan maka penulis tertarik untuk melakukan penulisan dalam laporan tugas akhir
dengan judul “ Prosedur Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan PT. Jasa
Marga (Persero) Cabang Purbaleunyi Bandung”.
Description
Keywords
Penilaian Prestasi Kerja