TINJAUAN PENYUSUNAN ANGGARAN PENJUALAN PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO) WILAYAH BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2006
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh : Hermina Maria Borubaho, NRP 04.03.021 dengan judul “Tinjauan Penyusunan Anggaran Penjualan Pada PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero). Di bawah bimbingan bapak Tendi Haruman, S.E., M.M. Masalah yang diteliti oleh penulis dalam laporan tugas akhir ini adalah bagaimana Penyusunan anggaran penjualan pada PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan bagaimana efektifitas penyusunan anggaran penjualannya khususnya periode 2005 dan 2006. Anggaran merupakan pendapatan utama perusahaan yang harus direncanakan secara teliti dan cermat. Rencana penjualan yang dituangkan lewat anggaran penjualan merupakan acuan perusahaan untuk memasuki segmensegmen pasar, tentunya dengan memperhatikan potensi pasar serta faktor-faktor lainnya. Hasil atau realisasi penjualan yang dicapai dibandingkan dengan anggaran, lalu diinformasikan pada pihak manajemen untuk diambil tindak lanjut pada periode berikutnya atau juga sebagai bahan pertimbangan dalam membuat anggaran berikutnya. Diharapkan dari proses pembuatan anggaran bukan hanya sekedar formalitas atau ramalan tidak beralasan, tapi juga mendukung tingkat rentabilitas yang maksimal. Penulis melakukan penelitian tentang anggaran penjualan tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan menyusun anggaran penjualan dan mengetahui bagaimana pelaksanaan efektifitas penyusunan anggaran penjualan yang telah disusun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan historis. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau Indonesia Trading Company (ITC) adalah perusahaan milik pemerintah yang bergerak dalam bidang perdagangan dan pendistribusian barang. Pelaksanaan anggaran penjualan pada PT Perusahaan Perdagangan Indonesia berperan dalam meningkatkan efektifitas pengendalian penjualan. Pada perusahaan ini anggaran penjualan digunakan sebagai alat perencanaan dari penjualan yang akan dilakukan. Dengan adanya anggaran penjualan, kegiatan penjualan menjadi terarah dan tersusun secara baik, sehingga nantinya pengendalian penjualan pada PT Perusahaan Perdagangan indonesia (Persero) atau ITC dapat dilakukan dengan efektif. Prosentase realisasi penjualan yang dicapai oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia terhadap anggaran penjualan periode 2005 adalah sebesar 109,5%. Untuk periode 2006 ini PT Perusahaan Perdagangan Indonesia merencanakan anggaran penjualan sebesar 134,4% dari realisasi penjualan periode 2005.
Description
Keywords
Anggaran Penjualan
Citation