TINJAUAN PENYUSUNAN ANGGARAN PENJUALAN PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO) WILAYAH BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2006
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh : Hermina Maria Borubaho, NRP
04.03.021 dengan judul “Tinjauan Penyusunan Anggaran Penjualan Pada PT
Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero). Di bawah bimbingan bapak
Tendi Haruman, S.E., M.M.
Masalah yang diteliti oleh penulis dalam laporan tugas akhir ini adalah bagaimana
Penyusunan anggaran penjualan pada PT Perusahaan Perdagangan Indonesia
(PPI) dan bagaimana efektifitas penyusunan anggaran penjualannya khususnya
periode 2005 dan 2006.
Anggaran merupakan pendapatan utama perusahaan yang harus
direncanakan secara teliti dan cermat. Rencana penjualan yang dituangkan lewat
anggaran penjualan merupakan acuan perusahaan untuk memasuki segmensegmen
pasar, tentunya dengan memperhatikan potensi pasar serta faktor-faktor
lainnya. Hasil atau realisasi penjualan yang dicapai dibandingkan dengan
anggaran, lalu diinformasikan pada pihak manajemen untuk diambil tindak lanjut
pada periode berikutnya atau juga sebagai bahan pertimbangan dalam membuat
anggaran berikutnya. Diharapkan dari proses pembuatan anggaran bukan hanya
sekedar formalitas atau ramalan tidak beralasan, tapi juga mendukung tingkat
rentabilitas yang maksimal.
Penulis melakukan penelitian tentang anggaran penjualan tujuannya
adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan menyusun anggaran penjualan
dan mengetahui bagaimana pelaksanaan efektifitas penyusunan anggaran
penjualan yang telah disusun.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan
historis.
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau Indonesia Trading
Company (ITC) adalah perusahaan milik pemerintah yang bergerak dalam bidang
perdagangan dan pendistribusian barang. Pelaksanaan anggaran penjualan pada
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia berperan dalam meningkatkan efektifitas
pengendalian penjualan. Pada perusahaan ini anggaran penjualan digunakan
sebagai alat perencanaan dari penjualan yang akan dilakukan. Dengan adanya
anggaran penjualan, kegiatan penjualan menjadi terarah dan tersusun secara baik,
sehingga nantinya pengendalian penjualan pada PT Perusahaan Perdagangan
indonesia (Persero) atau ITC dapat dilakukan dengan efektif. Prosentase realisasi
penjualan yang dicapai oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia terhadap
anggaran penjualan periode 2005 adalah sebesar 109,5%. Untuk periode 2006 ini
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia merencanakan anggaran penjualan sebesar
134,4% dari realisasi penjualan periode 2005.
Description
Keywords
Anggaran Penjualan